Selasa 12 Apr 2022 14:25 WIB

Survei Santri NFBS Ungkap Manfaat Penggunaan Magic Words

Magic words adalah kata sederhana yang memiliki banyak manfaat yang luar biasa

Red: Christiyaningsih
Kelompok 21 Leadership School 3 yang diselenggarakan SMAIT Nurul Fikri Boarding School Bogor melakukan survei magic words.
Foto: NFBS
Kelompok 21 Leadership School 3 yang diselenggarakan SMAIT Nurul Fikri Boarding School Bogor melakukan survei magic words.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kalian tau nggak sih, kalau magic words adalah kata sederhana yang memiliki banyak manfaat yang luar biasa? Bahkan dengan menggunakan magic words, kamu bisa terlihat berbeda di pandangan orang lain. Kok bisa, ya?

Walaupun disebut magic words, tetapi magic words ini bukan mantra seperti di film penyihir atau Harry Potter lho, ya. Sebenarnya magic words adalah sebuah frasa gabungan dari tiga kata sederhana yaitu sorry (maaf), thank you (terima kasih), dan please (tolong).

Baca Juga

Sejak dini, kita pasti sudah diajarkan oleh orang tua mengenai magic words. Tiga kata tersebut memiliki arti dan penggunaan yang sangat penting. Contohnya pada saat kita berkomunikasi. Kata-kata tersebut memang terdengar mudah untuk diucapkan. Namun di era saat ini masih banyak remaja yang kurang menyadari betapa penting dan bergunanya magic words.

Kelompok 21 Leadership School 3 yang diselenggarakan SMAIT Nurul Fikri Boarding School Bogor telah melakukan survei menggunakan kuisioner. Dari survei disimpulkan bahwa 12,2% remaja masih ragu tidak mengetahui dan masih menganggap remeh magic words ini.

Kurangnya kesadaran diri sendiri ditambah dengan faktor lingkungan yang tidak menerapkan magic words merupakan faktor utama yang memengaruhi mereka tidak membiasakan diri untuk menggunakan magic words. Padahal, hasil terbanyak yang dipilih di kuesioner skala 1-5 berapa pentingnya magic words ini, sekitar 70,7% mengatakan penggunaan magic words termasuk dari budaya santun yang penting untuk kita terapkan dan pastinya banyak manfaat.

Beberapa manfaat jika kita membiasakan menggunakan magic words dalam kehidupan sehari- hari yaitu :

1. Menjadi lebih menghargai perasaan seseorang

Kata-kata yang kita ucapkan pada saat berkomunikasi dapat memengaruhi perasaan seseorang. Oleh sebab itu perlu adanya ungkapan sederhana seperti magic words yang bisa menggambarkan ketulusan dan kesopanan kita agar lebih menghargai seseorang

2. Dapat membuat seseorang bahagia

Apa yang kamu rasakan jika ada yang minta tolong dan mengucapkan terima kasih setelahnya? Tentu kita akan merasa sangat senang bukan? Kita dapat membuat orang di sekitar kita senang dengan membiasakan menggunakan magic words dalam kehidupan sehari-hari.

3. Ketika berkomunikasi akan terasa nyaman

Penggunaan magic words merupakan bentuk perilaku sopan dan santun. Jika kita menggunakan tiga kata tersebut, maka kita pasti akan dipandang sopan dan santun oleh seseorang. Hal tersebut bisa membuat seseorang merasa nyaman pada saat berkomunikasi dengan kita.

Begitu banyak manfaat yang kita dapat ketika kita menerapkan magic words dalam kehidupan ini bukan? Walaupun terlihat biasa saja, magic words bisa memiliki dampak yang besar bagi kita sendiri maupun orang lain. Oleh sebab itu, ayo kita terapkan perilaku sopan santun kita menggunakan hal sederhana seperti magic words di kehidupan sehari - hari agar kamu dan orang lain bisa merasakan manfaat dari kata-kata ajaib ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement