Selasa 12 Apr 2022 21:04 WIB

Mereka yang Berumur Panjang Disebut Konsumsi Empat Minuman Ini

Orang-orang yang berumur panjang cenderung konsumsi minuman tertentu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Orang-orang yang berumur panjang cenderung konsumsi minuman tertentu.
Foto: Pixabay
Orang-orang yang berumur panjang cenderung konsumsi minuman tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan hal yang aneh bagi warga di beberapa wilayah seperti Sardinia, Icaria, Okinawa, Nicoya, dan Loma Linda untuk hidup panjang hingga lebih dari 100 tahun. Orang-orang yang memiliki umur panjang ini ternyata memiliki beberapa kesamaan, termasuk soal kebiasaan minum.

Terkait kebiasaan minum, orang-orang yang berumur panjang cenderung menghindari minuman bergula tinggi seperti soda atau jus kemasan. Di samping itu, mereka juga terbiasa untuk mengonsumsi jenis minuman tertentu. Berikut ini adalah empat jenis minuman yang sering dikonsumsi oleh orang-orang berumur panjang dalam keseharian, seperti dilansir EatThis, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

 

Air Putih

Air putih merupakan minuman yang esensial untuk hidup panjang umur. Alasannya, asupan air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan toksin, menjaga kadar gula darah normal, hingga menyeimbangkan elektrolit dan menodorong metabolisme.

"Minum air putih yang cukup setiap hari bisa memperbaiki cara tubuh berfungsi, meningkatkan harapan hidup dalam jangka panjangnya," ujar ahli gizi Nataly Komova MS RD.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), asupan air putih yang cukup juga membantu memelihara saraf tulang belakang. Manfaat lain dari asupan air putih adalah melubrikasi sendi, serta menjaga suhu tubuh normal.

Tentu tidak semua air putih setara. Di Nicoya misalnya, air putihnya diketahui tinggi akan kandungan kalsium dan magnesium yang dapat memperkuat tulang. Menurut studi, konsumsi air mineral bisa memelihara kesehatan tulang sekaligus pencernaan.

 

Kopi Hitam

Warga di Sarninia, Icaria, dan Nicoya dikenal memiliki kebiasaan minum kopi hitam. Menurut studi, kebiasaan minum kopi hitam ternyata dapat memberikan beberapa manfaat.

"Biji kopi kaya akan antioksidan, polifenol, dan agen antiinflamasi lain, dan dapat berkaitan dengan hidup yang panjang serta risiko penyakit kronis yang lebih rendah," jelas ahli gizi senior Dana Elis Hunnes.

Studi pada 2018 dalam jurnal Progress in Cardiovascular Diseases mengungkapkan bahwa kebiasaan minum kopi hitam berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner, gagal jantung kongesif, strok, serta risiko kematian terkait penyakit kardiovaskular. Selain itu, kebiasaan minum kopi hitam juga tampak berperan dalam memperbaiki beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

Manfaat lain dari minum kopi hitam adalah memberikan perlindungan dari beberapa risiko penyaki neurodegeneratif dan menurunkan risiko penyakit hati. Penting untuk dipahami bahwa penambahan gula, krim, atau sirup manis pada sajian kopi hitam bisa menghilangkan manfaat kesehatan dari kopi hitam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement