Jumat 15 Apr 2022 14:27 WIB

Bahaya Memberikan Susu Formula Bagi Bayi Umur 0 hingga 6 Bulan

Pergizi Pangan ingatkan agar bayi umur 0 hingga 6 bulan diberi ASI eksklusif.

Red: Reiny Dwinanda
Bayi minum ASI perah di botol (ilustrasi). Bayi berumur nol sampai enam bulan yang diberi susu formula akan mengalami masalah kesehatan.
Foto: Dokumen Republika
Bayi minum ASI perah di botol (ilustrasi). Bayi berumur nol sampai enam bulan yang diberi susu formula akan mengalami masalah kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Masyarakat diserukan agar tidak memberikan susu formula kepada bayi yang masih berusia nol hingga enam bulan. Ada bahaya di balik pemberian susu formula pada bayi kategori usia tersebut.

"Jangan berikan susu formula kepada bayi berumur nol sampai enam bulan karena organ pencernaan mereka belum sanggup mencerna susu formula," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Pakar Gizi (Pergizi) Pangan Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, Nurdin Rahman, di Kota Palu, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga

Nurdin mengatakan, bayi berumur nol sampai enam bulan yang diberi susu formula akan mengalami masalah kesehatan. Bayi bisa diare karena susu formula terus tidak bisa terserap sempurna oleh sistem pencernaannya.

Jika terus menerus dibiarkan, maka dikhawatirkan akan berdampak pada tumbuh kembang hingga dewasa nanti. Oleh sebab itu, bayi berumur nol sampai enam bulan harus diberi air susu ibu (ASI) secara eksklusif.