Ahad 17 Apr 2022 12:15 WIB

Hal-Hal yang Diperlukan Demi Jantung Sehat

Menjaga jantung sehat harus dilakukan sedari muda.

Red: Dwi Murdaningsih
Menjaga jantung sehat harus dilakukan sedari muda. Banyak hal bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya tidak merokok.
Foto: www.freepik.com
Menjaga jantung sehat harus dilakukan sedari muda. Banyak hal bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya tidak merokok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagaimana caranya menjaga kesehatan jantung? Yang penting, tidak merokok dan mempertahankan bobot tubuh yang sehat. Selain itu, berikut ada beberapa tips berguna lainnya.

Apakah kalau masih muda tidak perlu memperhatikan kesehatan jantung? Sebuah pendapat yang tidak benar. Pasalnya, gaya hidup dan makanan yang kita konsumsi punya pengaruh besar terhadap jantung, juga di usia muda. Jadi demi kesehatan jantung, jangan merokok, juga jangan menimbun lemak di pinggul.

Baca Juga

Selain itu, juga ada tips untuk kesehatan jantung. "Poin yang sangat penting adalah makanan yang sehat," kata ahli penyakit dalam Dr. Bozena Rautenberg.

Dia menambahkan, kita harus menghindari minuman dengan kadar gula tinggi. Selain itu juga makanan yang mengandung lemak dalam jumlah besar, fastfood yang bisa dibeli di tiap sudut jalanan, itu juga sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari.

Sayuran, makanan yang baik bagi jantung

Yang sangat baik bagi jantung adalah sayuran serta buah-buahan yang kaya kalium. Misalnya kubis, pisang, juga almond. Kalium melebarkan pembuluh darah dan mencegah gangguan ritme jantung.

"Sebaliknya, permen akar manis atau lakritz tidak terlalu baik, karena kandungan unsur utama dalam akar kayu manis yakni Glycyrrhizin menyerap kalium dari tubuh," kata Dr. Bozena Rautenberg.

Di dalam permen akar manis terdapat Glycyrrhizin, dan itu menganggu metabolisme hormon di dalam tubuh. Artinya, itu mencegah penguraian hormon tertentu, antara lain Cortisol.

Dengan demikian, kadar Cortisol dalam tubuh meningkat drastis. Seperti diketahui, Cortisol bukan hanya hormon penyebab stres. Hormon ini juga menyerang keseimbangan air dan elektrolit, oleh sebab itu juga menyebabkan naiknya tekanan darah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement