Rabu 20 Apr 2022 06:05 WIB

Netflix Kehilangan 200 Ribu Pelanggan Gara-Gara Berbagi Password

Kata sandi Netflix yang sah dibagikan dengan lebih dari 100 juta rumah tangga.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Logo Netflix.
Foto: AP Photo/Dan Goodman
Logo Netflix.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Netflix melaporkan telah kehilangan pelanggan besar dengan kerugiaan bersih 200 ribu pelanggan untuk quartal pertama (Q1). Penurunan juga diprediksi akan terjadi pada Q2 dengan dua juta pelanggan.

Netflix mengatakan anggota yang membagikan kredensial login mereka di luar yang terdaftar berkontribusi terhadap pertumbuhan yang melambat pada tahun 2021. Perusahaan memperkirakan kata sandi Netflix yang sah dibagikan dengan lebih dari 100 juta rumah tangga  yang tidak membayar di seluruh dunia, termasuk lebih dari 30 juta di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Baca Juga

“Berbagi akun sebagai persentase dari keanggotaan berbayar kami tidak banyak berubah selama bertahun-tahun, tetapi ditambah dengan perlambatan adopsi broadband dan TV yang terhubung, lebih sulit untuk menumbuhkan keanggotaan di banyak pasar,” kata Netflix dalam suratnya kepada pemegang saham, dikutip Variety, Rabu (20/4/2022).

Netflix mengatakan saat ini berfokus pada cara untuk memonetisasi layanan berbagi. Cara ini dianggap sebagai peluang besar karena rumah tangga sudah menonton Netflix dan menikmati layanannya.