Legislator Minta Pemerintah Perhatikan Anak-Anak yang Mudik

Disarankan tak membawa anak-anak mudik dengan motor karena sangat berbahaya

Rabu , 27 Apr 2022, 13:06 WIB
Pemudik bersepeda motor dengan membawa anak antre menunggu giliran masuk ke kapal, (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Pemudik bersepeda motor dengan membawa anak antre menunggu giliran masuk ke kapal, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani mengatakan, lebih dari 80 juta orang melaksanakan mudik Ramadhan dan Idul Fitri. Dari jumlah tersebut, turut ikut anak-anak yang perlu diperhatikan segala aspeknya oleh pemerintah.

"Anak-anak yang ikut mudik bersama orang tuanya perlu mendapat perhatian khusus, karena mereka rentan terpapar penyakit atau keletihan. Pastikan di setiap terminal, stasiun, bandara, maupun rest area yang disinggahi banyak pemudik agar tersedia tempat istirahat dan klinik kesehatan," ujar Netty lewat keterangan tertulisnya, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga

Ia meminta para pemudik agar menyiapkan perbekalan yang memadai untuk kebutuhan anak-anak. Khusus pemudik dengan kendaraan roda dua, Netty meminta agar lebih berhati-hati membawa anak-anak.

"Cuaca, polusi udara, dan kemacetan jalan tentu tidak cocok untuk anak-anak dibawa berkendara dengan motor. Sebaiknya jangan membawa anak mudik dengan motor, apalagi didudukkan di depan, itu sangat berbahaya," ujar Netty.