REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir semua orang mengalami masa-masa stres di tempat kerja. Proyek menumpuk, Anda begadang dan harus bekerja di malam hari dan akhir pekan. Namun, gaji tidak selalu sesuai.
Dilansir dari health.cleveandclinic pada Kamis (28/4/2022), ketika jadwal sibuk ini menjadi norma, inilah saatnya untuk mengevaluasi kembali keseimbangan kehidupan kerja Anda. Anda mungkin perlu membuat beberapa perubahan yang sehat untuk menghindari kelelahan kerja.
Meskipun kerja keras dihargai dalam budaya kita, Anda tidak harus membiarkan pekerjaan Anda mengambil alih hidup Anda. Terlalu banyak stres dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda.
Anda dapat mengalami tekanan darah tinggi, yang dengan sendirinya dapat menyebabkan kondisi jantung, atau nyeri dan nyeri otot. Anda juga mungkin lebih rentan sakit, karena stres dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan Anda.
Teknologi telah membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Namun, dengan meningkatnya pekerjaan jarak jauh, itu juga membuat lebih sulit untuk memutuskan hubungan, membuat keseimbangan kehidupan kerja Anda rusak.
Berikut tips untuk seimbangkan kerja dan kehidupan:
Matikan Telepon Seluler
Jangan memeriksa dan menanggapi teks dan email. Hal itu meningkatkan tingkat stres, membuat sulit untuk terhubung dengan anggota keluarga dan berdampak negatif pada tidur Anda. Jika Anda ingin menjawab setiap pesan atau email yang masuk, bahkan setelah jam kerja, matikan atau nonaktifkan ponsel Anda atau simpan di ruangan lain agar Anda tidak tergoda untuk menjawab.
Lebih Efisien dalam Bekerja
Fokus pada satu tugas pada satu waktu dan terus kerjakan sampai selesai. Jangan mencoba melakukan banyak tugas. Tutup email Anda dan matikan telepon Anda bila memungkinkan untuk meminimalkan gangguan. Jika efisien, Anda menyelesaikan pekerjaan dan kemudian dapat pulang dan menghabiskan waktu bersama keluarga.