Senin 02 May 2022 15:45 WIB

Ingin Identitas Pribadi Dihapus dari Hasil Pencarian Google? Ini Caranya

Fitur baru ini memungkinkan pengguna memiliki kontrol atas identitas mereka.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Ingin Identitas Pribadi Dihapus dari Hasil Pencarian Google? Ini Caranya
Foto: EPA
Ingin Identitas Pribadi Dihapus dari Hasil Pencarian Google? Ini Caranya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raksasa pencarian Google mengumumkan dalam posting blog bahwa mereka akan menghapus informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi dari hasil pencariannya. Fitur baru ini diluncurkan untuk memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih besar atas informasi identitas pribadi mereka yang sensitif.

“Di bawah perluasan kebijakan baru ini, orang sekarang dapat meminta penghapusan jenis informasi tambahan ketika mereka menemukannya di hasil Penelusuran, termasuk informasi kontak pribadi seperti nomor telepon, alamat email, atau alamat fisik. Kebijakan ini memungkinkan penghapusan informasi tambahan yang dapat menimbulkan risiko pencurian identitas, seperti kredensial login rahasia, ketika mungkin di hasil Pencarian,” kata Global Policy Lead for Search Michelle Chang dalam posting blog, dilansir dari India Today, Senin (2/5/2022).

Baca Juga

Jika Anda melihat informasi pribadi Anda seperti nomor telepon dan alamat di hasil penelusuran Google, Anda dapat meminta Google menghapus informasi tersebut.

Berikut cara Anda dapat meminta Google menghapus informasi pribadi Anda.

1. Kunjungi halaman dukungan Google

2. Anda akan diberikan “Permintaan untuk menghapus informasi pribadi Anda di Google.”

3. Isi formulir dengan memberikan informasi otentik yang didukung oleh tautan yang relevan.

4. Kirim formulir setelah mengisi detail yang diperlukan tentang informasi yang Anda ingin Google hapus dari hasil pencarian Anda.

Setelah mengisi formulir, Google akan mengirimkan tanggapan otomatis yang mengonfirmasi permintaan Anda telah diterima. Google kemudian akan meninjau permintaan dan mungkin meminta Anda memberikan informasi lebih lanjut. Jika Google mengambil tindakan, mereka akan memberi tahu Anda melalui email.

https://www.indiatoday.in/technology/tech-tips/story/is-your-phone-number-visible-on-google-search-here-is-how-you-can-request-google-to-remove-it-1944069-2022-05-01

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement