Kamis 16 Jun 2022 12:05 WIB

Cuaca Panas Bikin Kaki Membengkak, Ini Cara Mengatasinya

Kaki dapat menjadi bengkak saat cuaca panas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (ilustrasi). Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak di saat cuaca panas.
Foto: www.freepik.com
Kaki (ilustrasi). Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak di saat cuaca panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki dapat menyerang siapa saja saat cuaca panas. Biasanya kondisi tersebut terjadi akibat adanya penumpukan jaringan.

Meskipun masalah tersebut akan hilang setelah tubuh mendingin, tapi rasa bengkak masih bisa dialami dalam kondisi panas terik. Penyebab lain bisa karena kehamilan, kelebihan berat badan, minum obat tertentu, atau mengalami cedera.

Baca Juga

Ahli gizi utama Lifesum, Signe Svanfeldt, mengatakan kaki atau pergelangan kaki bengkak ketika cuaca panas disebut edema panas. Kondisi itu menggambarkan 'terjebaknya' cairan di jaringan hingga menyebabkan pembengkakan.

Bengkak untuk waktu yang singkat kemungkinan tidak menyebabkan implikasi kesehatan yang besar. Tetapi, menurut Svanfeldt, jika Anda mengalami pembengkakan untuk jangka waktu yang lama, itu bisa disebabkan oleh alasan lain seperti penyakit yang mendasarinya.

"Dalam hal ini, mungkin ada baiknya menghubungi profesional perawatan kesehatan," kata Svanfeldt, seperti dikutip dari laman Express.co.uk, Kamis (16/6/2022).

Ada banyak solusi alami yang dapat mencegah kaki bengkak saat cuaca panas, dan itu semudah mengubah cara makan dan minum. Berikut tujuh langkah untuk mengatasinya.

1. Tetap terhidrasi

Menurut Svanfeldt, meskipun kaki bengkak disebabkan oleh cairan yang menumpuk, minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu mencegah pembengkakan. Hidrasi tidak hanya penting untuk mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat, tetapi juga mengontrol kadar garam dalam darah.

Spesialis kaki dan pergelangan kaki, Care Plus, menjelaskan tidak minum cukup air dapat membuat konsentrasi garam dalam darah meningkat, menjadikan tubuh menahan air yang diminum, berkontribusi pada pembengkakan. Konsumsi delapan hingga 10 gelas air putih sehari setidaknya bisa memastikan tubuh mendapatkan cukup cairan.

2. Hindari alkohol

Menurut Svandfeldt, minum alkohol dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan pembengkakan di bagian tubuh lainnya, termasuk wajah, tangan, dan jari.

3. Hindari matahari

Menjaga tubuh tetap dingin adalah cara paling sederhana untuk mencegah dan mengurangi pembengkakan. Tetap berada di area yang teduh saat berada di luar ruangan atau upayakan berada dalam ruangan yang berventilasi baik.

Mandi air dingin atau merendam kaki dalam seember air dingin akan membantu mengatur suhu tubuh jika Anda kesulitan di hari yang panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement