Rabu 06 Jul 2022 22:32 WIB

DKI Jakarta Pusatkan Shalat Idul Adha di JIS

Warga yang ingin melaksanakan shalat Idul Adha di JIS wajib sudah vaksinasi booster.

Red: Nidia Zuraya
Foto aerial jamaah melaksanakan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memusatkan pelaksanaan Shalat Idul Adha1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad (10/7/2022)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Foto aerial jamaah melaksanakan shalat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memusatkan pelaksanaan Shalat Idul Adha1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad (10/7/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memusatkan pelaksanaan shalat Idul Adha1443 Hijriyah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Ahad (10/7/2022) dan warga yang berniat menghadiri diimbau agar mematuhi tata tertib, menaati protokol kesehatan serta telah vaksinasi dosis ketiga. Warga atau jamaah shalat Idul Adha juga diimbau tetap memakai masker meski di ruang terbuka.

"Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) demi kenyamanan bersama," kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Balai Kota Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga

Jamaah juga diimbau membawa perlengkapan shalat dari rumahnya. "Silahkan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti shalat dan khutbah Idul Adha secara khusyuk serta tidak berkerumun selepas kegiatan," katanya.

Sigit mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Adha ini telah dikoordinasikan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, Dewan Masjid Indonesia (DMI), serta lembaga-lembaga Islam lainnya. Pada prinsipnya lembaga-lembaga menyatakan, pelaksanaan shalat Idul Adha di JIStelah sesuai dengan aturan (kaifiat) Shalat Idul Adha.

Selain itu, untuk menjamin kesucian tempat shalat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.Berbagai infrastruktur untuk mendukung Shalat Idul Adha di JIS juga sudah disiapkan seperti tempat wudu, tempat parkir dan toilet. 

Namun, meski telah disediakan tempat wudu, disarankan wudu dari rumah untuk mengurangi antrean dan agar pelaksanaan shalat dapat dimulai tepat waktu.Segala sesuatu keperluan saat Shalat Idul Adha sudah disiapkan. 

Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan Shalat Idul Adha dapat berjalan sukses."Karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsungdan lengkapi vaksinasi booster-nya. Semoga salat Idul Adha nanti dapat mendukung #LebaranAman&Sehat di Jakarta," kata Sigit.

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1443 Hijriah berlokasi di Ramp Barat, Ramp Timur, concourse Utara dan Selatan JIS. Namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat Shalat Idul Adha di salah satu lokasi yang ada di JIS jika terjadi hujan.

Selain itu, direncanakan yang menjadi khatib adalah KH Syukron Mam'un serta imam shalat Idul Adha adalah KH Muhammad Ali."Kenyamanan dan keamanan jamaah adalah hal yang utama bagi kami agar pelaksanaan Hari Raya Kurban di Jakarta ini dapat membuat Kurban Semakin Istimewa," kata Sigit.

Pelaksanaan shalat Id pada Idul Adha ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan di JIS, sebelumnya diselenggarakan shalat Idul Fitri pada awal Mei lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement