REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sesuai dengan namanya kendaraan multi purpose vehicle (MPV) memang masih menjadi primadona di Tanah Air. Tak mengherankan bila sejumlah agen pemegang merek terus meremajakan penampilan MPV mereka di berbagai tingkat segmen pasar agar tetap menjadi pilihan konsumen.
Tak terkecuali Toyota Calya yang sejak dierkenalkan 2016 lalu telah terjual sebanyak 310.384 unitsecara retail. Tahun 2022, di periode Januari-Mei bahkan berhasil meraih Market Share sebesar 40,2 persen pada kelas Entry MPV. Angka ini berhasil membuat Toyota Calya mendominasi pasar di kelasnya.
Kini PT Toyota Astra Motor memperkenalkan New Calya dengan sejumlah peremajaan bagi pasar Indonesia. Kehadirannya sebagai entry MPV diharapkan mampu melanjutkan kiprahnya di segmen kendaraan keluarga 7 penumpang.“Penyegaran pada eksterior New Calya dilakukan untuk memberikan wajah barusebagai sebuah Entry MPV yang lebih sporty, elegan dan berkelas," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy dalam keterangan tertulisnya Kamis (7/7/2022).
Sejumlah perubahan dilakukan baik dari sisi eksterior dan interior. Seperti new front mid grille design dengan aksen geometris dan berlapis chrome yang berkesan sporty, New Shark Fin Antenna menemani retractable outer mirror hingga disain velg 14 inci bergaya baru. Dari sisi interior sejumlah fasilitas modern seperti head unit AXV dan fasilitas komunikasi dengan ponsel juga telah tersedia.
Meski termasuk entry MPV, New Calya sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas keamanan berkendara yang mumpuni. Seluruh tipe New Calya dilengkapi dengan 3-point seatbelt diseluruh bangku bersama Dual SRS Airbags di depan dan ISOFIX di bangku tengah, remdilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOABody (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil.