Jumat 22 Jul 2022 07:56 WIB

Mahasiswa Internasional UMM Diminta Pahami Budaya Indonesia

Ada lebih dari 120 mahasiswa asing yang sedang menempuh studi di UMM

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Malang, (ilustrasi). UMM mengajak mahasiswa internasionalnya untuk memahami budaya Indonesia.
Universitas Muhammadiyah Malang, (ilustrasi). UMM mengajak mahasiswa internasionalnya untuk memahami budaya Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dalam rangka merekatkan silaturahim, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengajak mahasiswa internasionalnya untuk berdiskusi dan makan siang bersama di Rayz hotel UMM pada Selasa (19/7/2022) lalu. Pada acara ini, Rektor UMM Fauzan mengajak mereka untuk tidak hanya belajar dengan baik tetapi juga ikut dalam kegiatan masyarakat di masing-masing tempat tinggal termasuk pengetahuan terkait budaya Indonesia khususnya Malang.

Fauzan mengatakan kantor International Relation Office (IRO) UMM nantinya bisa mengajak para mahasiswa untuk melakukan semacam studi tur budaya. Mereka bisa mengunjungi objek-objek budaya seperti sanggar tari, topeng Malangan atau yang lainnya. "Jadi saudara tidak hanya fokus belajar akademik, tetapi juga mengetahui kultur Indonesia yang melimpah,” kata Fauzan.

Baca Juga

Fauzan juga menjelaskan terkait program UMM PASTI yang terus digalakkan Kampus Putih. Ia yakin, para mahasiswa internasional ini bisa menjalani perkuliahan dengan baik dan lulus tepat waktu. Dalam hal ini termasuk dengan menjadi seorang lulusan yang mandiri. Caranya yakni membekali diri dengan kemampuan akademik dan kemampuan kepemimpinan yang mumpuni.

Ia berharap proses belajar yang ada di UMM bisa membawa mahasiswa internasional ke masa depan yang lebih baik. Kemudian juga bisa menjadi jalan untuk mengembangkan kerja sama internasional yang lebih luas. Hal ini terutama melalui para mahasiswa asing dan alumni yang sudah berkarya di berbagai negara.