Sabtu 20 Aug 2022 19:16 WIB

Mengapa Ujian Try Out Tetap Dianggap Perlu? Ini Jawaban Praktisi 

Ujian try out bisa menjadi ajang pelatihan baik bagi pelajar atau orang umum

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Tryout . Ujian try out bisa menjadi ajang pelatihan baik bagi pelajar atau orang umum
Foto: Dok Istimewa
Tryout . Ujian try out bisa menjadi ajang pelatihan baik bagi pelajar atau orang umum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sulitnya mengerjakan soal ujian tentu masih menjadi hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang terutama para pelajar di Indonesia yang biasanya akan dihadapkan dengan Ujian Nasional. 

Tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan soal ujian yang terlalu sulit karena soal yang diujikan memang sedikit berbeda dengan apa yang sudah mereka pelajari di sekolah.  

Baca Juga

CEO Tryout.id, Tonton Taufik Rachman, mengatakan sulitnya mengerjakan soal ujian juga tidak hanya dialami pelajar, tapi mahasiswa, dan masyarakat umum yang akan melamar pekerjaan pun pastinya memiliki masalah yang sama, yaitu sulitnya mengerjakan atau menyelesaikan soal ujian yang mereka terima. 

"Walaupun seperti kita tahu banyak dari para pelajar yang sudah belajar mati-matian untuk bisa mengerjakan soal ujian yang diberikan, pihak sekolah pun membantu dengan mengadakan pengayaan sebelum ujian nasional berlangsung. Namun hal tersebut juga dianggap tidak terlalu maksimal, karena biasanya para siswa sudah merasa lelah di saat jam pulang sekolah," ujar Tonton, Sabtu (20/8/2022) dalam keterangan tertulisnya.