Kamis 08 Sep 2022 23:09 WIB

Madu Manuka Diyakini Bisa Obati Infeksi Paru-Paru Berbahaya

Madu manuka diyakini bisa mengobati infeksi paru-paru dari bakteri.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Madu manuka diyakini bisa mengobati infeksi paru-paru dari bakteri.
Foto: www.freepik.com.
Madu manuka diyakini bisa mengobati infeksi paru-paru dari bakteri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan di Aston University telah mengembangkan pengobatan baru untuk mengobati infeksi paru-paru yang berpotensi mematikan. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Microbiology, menunjukkan para ilmuwan di Mycobacterial Research Group di College of Health and Life Sciences di Aston University mampu menggabungkan madu manuka dan obat amikasin dalam formulasi nebulisasi berbasis laboratorium untuk mengobati infeksi paru- paru bakteri berbahaya Mycobacterium absesus.

Dilansir dari phys.org, Kamis (8/9/2022), ilmuwan telah menemukan madu manuka memiliki potensi untuk membunuh sejumlah infeksi bakteri yang resistan terhadap obat seperti Mycobacterium absesus. Bakteri ini biasanya menyerang pasien dengan cystic fibrosis (CF) atau bronkiektasis.

Baca Juga

Menurut Cystic Fibrosis Trust, CF adalah kondisi genetik yang mempengaruhi sekitar 10.800 orang dan ada lebih dari 100 ribu orang dengan kondisi tersebut di seluruh dunia. Dalam studi tersebut, para peneliti menggunakan sampel bakteri Mycobacterium absesus yang diambil dari 16 pasien CF yang terinfeksi. Mereka kemudian menguji antibiotik amikasin, dikombinasikan dengan madu manuka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dosis yang diperlukan untuk membunuh bakteri.

Sebagai bagian dari penelitian, tim menggunakan model paru-paru berbasis laboratorium dan nebulizer. Dengan nebulisasi madu manuka dan amikasin bersama-sama, ditemukan mereka dapat meningkatkan pembersihan bakteri. Bahkan ketika menggunakan amikasin dosis rendah, yang akan menghasilkan lebih sedikit efek samping yang mengubah hidup pasien.

Pendekatan baru ini menguntungkan tidak hanya karena memiliki potensi untuk membunuh infeksi yang sangat resistan terhadap obat, tetapi karena efek samping yang berkurang, manfaat kualitas hidup dan sangat meningkatkan peluang kelangsungan hidup untuk pasien CF yang terinfeksi.

Mycobacterium absesus adalah bakteri patogen dari famili yang sama yang menyebabkan tuberkulosis, tetapi penyakit ini berbeda dengan menyebabkan infeksi paru-paru yang serius pada orang (terutama anak-anak) dengan kondisi paru-paru yang sudah ada sebelumnya, seperti CF dan bronkiektasis, serta menyebabkan kulit dan jaringan lunak infeksi. Bakteri ini juga sangat resisten terhadap obat.

Saat ini, pasien diberikan koktail antibiotik, yang terdiri dari kemoterapi antimikroba selama 12 bulan atau lebih, dan pengobatan ini seringkali tidak menghasilkan kesembuhan. Dosis amikasin yang biasa digunakan pada pasien untuk membunuh infeksi adalah 16 mikrogram per mililiter. Tetapi para peneliti menemukan bahwa kombinasi baru menggunakan madu manuka, membutuhkan dosis hanya 2 mikrogram per mililiter amikasin, menghasilkan pengurangan seperdelapan dosis obat.

Sampai saat ini Mycobacterium absesus hampir tidak mungkin diberantas pada orang dengan cystic fibrosis. Ini juga bisa mematikan jika pasien memerlukan transplantasi paru-paru, karena mereka tidak memenuhi syarat untuk operasi jika ada infeksi.

Mengomentari temuan mereka, penulis utama dan Ph.D. Peneliti Victoria Nolan mengatakan, sejauh ini, pengobatan infeksi paru Mycobacterium absesus dapat menjadi masalah karena sifatnya yang resisten terhadap obat. Berbagai antibiotik yang diperlukan untuk memerangi infeksi menghasilkan efek samping yang parah.

"Namun, penggunaan pengobatan potensial yang menggabungkan amikasin dan madu manuka ini menunjukkan harapan besar sebagai terapi yang ditingkatkan untuk infeksi paru yang mengerikan ini," kata Nolan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement