REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pengembangan kendaraan listrik merupakan hal yang perlu direncanakan dengan matang sebingga perlu dibekali dengan strategi dan roadmap yang optimal. PT Astra Honda Motor (AHM) pun telah mengambil kuda-kura dan siap untuk mengumumkan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik dalam tahun ini.
President Director AHM, Keiichi Yasuda mengatakan, saat ini tren kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik semakin menguat, termasuk di Indonesia. Sebagai produsen sepeda motor terbesar di negara ini, AHM akan menjadi bagian penting dalam menghadirkan produk sepeda motor listrik yang bisa memberikan netralisasi karbon pada dunia.
“Kami sudah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam riset dan pengembangan sepeda motor listrik dan infrastruktur pendukungnya, termasuk dalam rantai bisnis baterai. Paling lambat akhir tahun ini, kami akan menginformasikan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik Honda di Indonesia,” ujar Yasuda, Selasa (13/9/2022).
Komitmen kuat ini merupakan bagian dari target realisasi netralitas karbon sepeda motor Honda di seluruh dunia pada tahun 2040-an yang diinisiasi Honda Motor Co., Ltd. Secara global, Honda akan menghadirkan 10 model sepeda motor listrik pada tahun 2025 dan dalam lima tahun ke depan Honda Motor menargetkan penjualan 1 juta unit sepeda motor listrik dan diyakini bisa mencapai 3,5 juta pada 2030.