Rabu 14 Sep 2022 13:40 WIB

Merasa Sering Kentut? Ini Tujuh Penyebabnya

Rata-rata, manusia akan kentut antara delapan hingga 20 kali sehari.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Rata-rata, manusia akan kentut antara delapan hingga 20 kali sehari.
Foto: www.flickr.com
Rata-rata, manusia akan kentut antara delapan hingga 20 kali sehari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buang gas atau kentut merupakan hal normal. Gas adalah produk alami dari proses pencernaan, di mana saat seseorang makan, mikroorganisne di usus besar membantu memecah serat dan pati dalam makanan dengan memfermentasinya. Sementara itu, bakteri memakan zat-zat ini dan menciptakan produk sampingan berupa gas.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah berapa kali kentut yang normal? Ugo Iroku, seorang ahli gastroenterologi di New York City mengatakan, rata-rata orang kentut antara delapan dan 20 kali sehari, menghasilkan sekitar 1,5 hingga 2 liter gas.

Baca Juga

"Setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing. Ada yang mungkin lebih jarang atau sering, tetapi jika Anda jauh lebih tinggi dari rata-rata atau melihat kenaikan tiba-tiba, ada baiknya menjelajahi penyebabnya," kata Iroku seperti dilansir dari Live Strong, Rabu (14/9/2022).

Menurut Iroku, sering mengeluarkan gas biasanya merupakan pertanda baik yang disebabkan oleh pilihan diet, seperti diet nabati. Diet nabati yang penuh dengan makanan berserat tinggi, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran bermanfaat bagi tubuh. Harvard School of Public Health menjelaskan, serat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan gangguan GI.