Kamis 15 Sep 2022 19:26 WIB

Begini Cara Terbaik Menghentikan Tangisan Bayi

Tangisan bayi bisa punya beragam makna, mulai dari lapar, popok kotor, hingga haus.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Cara terbaik menghentikan tangisan bayi. (ilustrasi)
Foto: corbis
Cara terbaik menghentikan tangisan bayi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang, orang tua mungkin merasa kewalahan bila menghadapi bayi yang tak mau berhenti menangis. Menurut sains, cara terbaik menenangkan bayi yang menangis adalah menggendong dan mengajak bayi tersebut berjalan-jalan sejenak dan menidurkannya di boks bayi bergoyang atau rocking cot.

Hal ini diketahui melalui sebuah studi baru berskala kecil yang melibatkan 21 bayi berusia sekitar tiga bulan beserta orang tua mereka sebagai partisipan. Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari RIKEN Center for Brain Science ini melakukan sebuah percobaan untuk menenangkan bayi yang menangis.

Baca Juga

Ada empat metode menenangkan bayi menangis yang dicoba dalam studi ini. Keempat metode tersebut adalah menggendong bayi sambil membawanya berjalan, menggendong bayi sambil duduk, membaringkan bayi di boks bayi, dan membaringkan bayi di boks bayi yang bergoyang atau rocking cot.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini menemukan bahwa metode yang paling efektif untuk menenangkan bayi menangis adalah menggendong dan mengajaknya berjalan kaki. Menurut tim peneliti, metode ini bisa membuat bayi menjadi tenang dan memperlambat detak jantung bayi dalam waktu 30 detik.