REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO--Mitsubishi Motors Corporation (selanjutnya akan disebut Mitsubishi Motors) mengumumkan Tim Mitsubishi Ralliart, yang akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors, telah mengungkapkan susunan tim untuk AXCR 2022 mendatang yang akan diadakan dari tanggal 21 hingga 26 November di Thailand dan Kamboja.
Dari Tim Mitsubishi Ralliart, Rifat Sungkar (Indonesia), pemenang Indonesian Sprint Rally Championship, dan Chayapon Yotha (Thailand), yang telah memenangkan Thailand Autocross Championship, akan mengendarai dua mobil reli Triton di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam) dan bersaing untuk posisi yang lebih tinggi. Sakchai Hantrakul (Thailand) yang sangat berpengalaman akan mendukung mereka dengan mobil ketiga, dengan sebuah Triton sebagai mobil pendukung.
Tim Mitsubishi Ralliart akan memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan AXCR; TANT SPORT (Thailand), yang memiliki tim, bergabung dengan direktur tim Hiroshi Masuoka, mantan pembalap yang juga merupakan juara Reli Dakar dua kali sekaligus engineer dari Mitsubishi Motors akan menemani tim untuk memberikan dukungan teknis.
Tim Mitsubishi Ralliart telah melakukan tes ketahanan mobil reli Triton sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, dari 29 hingga 31 Agustus. Mengurangi bobot dan meningkatkan karakteristik output dari engine telah meningkatkan kemampuan berkendara, memungkinkan penanganan yang gesit di jalan yang berkelok-kelok. Selain itu, dual damper baru telah meningkatkan kinerja mengikuti jalan dan berkontribusi pada peningkatan signifikan dalam stabilitas berkendara dan kemampuan berkendara di jalan yang kasar.
Rifat Sungkar memuji impresi mobil dalam pengalaman pertamanya bersama mobil reli Triton: "Pembalap reli melewati banyak tikungan yang berbeda, satu demi satu. Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar. Co-driver yang baik yang dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses. Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan."
Setelah berpartisipasi dalam tes ketahanan sebelumnya pada bulan Juni, Chayapon Yotha juga memberikan respons positif setelah mengendarai mobil yang ditingkatkan pada kecepatan reli yang diantisipasi: "Kecepatan bukanlah segalanya dalam kompetisi reli. Untuk menang, penting untuk memaksimalkan rasa persatuan antara pengemudi dan mobil reli, dan mengendalikan tempo secara fleksibel antara akselerasi dan deselerasi. Kami telah mengkonfirmasi bahwa mobil reli Triton memiliki hasil akhir yang bagus dan merespons masukan pengemudi dengan tepat dan gesit," katanya.
Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, menilai suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim. Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint, jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat. Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan meningkat setiap kali dia masuk ke dalam mobil, jadi saya mengharapkan hasil yang baik darinya.
Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka. Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid."
Tim Mitsubishi Ralliart
Team Director: Hiroshi Masuoka (Mitsubishi Motors) Team Principal: Chayut Yangpichit (TANT SPORT) Technical Director: Kopong Amatayakul (TANT SPORT)
Technical Support (body, chassis): Yasuo Tanaka (Mitsubishi Motors) Technical Support (engine): Takashi Shibayama (Mitsubishi Motors)
Drivers and co-drivers:
Rifat Sungkar
Asal: Jakarta, Indonesia Lahir: 22 Oktober 1978 (43)
Karir: Salah satu pembalap papan atas Indonesia, ia telah memenangkan Indonesia Sprint Rally Championship pada tahun 1997, menjadi pemenang Indonesia National Rally tiga tahun berturut-turut hingga tahun 2002, dan banyak lagi. Pada 2012, ia dinobatkan sebagai Brand Ambassador untuk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Pada 2019 dan 2021, ia meraih kemenangan umum di Indonesia Sprint Rally Championship dengan mengendarai Mitsubishi Xpander.
Co-driver: Chupong Chaiwan (Thailand)
Chayapon Yotha
Asal: Udon Thani Province, Thailand Lahir: 16 Agustus 1987 (35)
Karir: Dia telah memenangkan banyak balapan sejak 2012, termasuk Thailand Super Series, dan RAAT Thailand Endurance Championship International. Pada 2019, ia meraih kemenangan di Supercar GTC Thailand Super Series dan kompetisi lainnya.
Co-driver: Peerapong Sombutwong (Thailand)
Sakchai Hantrakul
Asal: Chiang Mai Province, Thailand Lahir: November 29, 1962 (59)
Karir: Dengan pengalaman balap lebih dari 30 tahun, ia telah dinobatkan sebagai juara Mitsubishi Gymkhana Challenge RALLIART Cup '89, memenangkan Putaran 1 Kejuaraan Reli Pennzoil '91 di Thailand utara, dan menjadi pemenang di banyak kategori lainnya. Ia akrab dengan kendaraan Mitsubishi, pernah mengendarai Mitsubishi Pajero di Reli Dakar 1996.
Co-driver: Kittisak Klinchan (Thailand)
Kunjungi halaman AXCR 2022 Mitsubishi Motors untuk detail tentang reli, Tim Mitsubishi Ralliart, dan kendaraannya. Situs ini juga menampilkan galeri foto, video, dan konten lainnya. https://mitsubishi-motors.com/en/innovation/motorsports/axcr2022/