REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Meta mengumumkan Instagram akan menambahkan lebih banyak iklan di platformnya. Lewat perubahan ini, pengiklan sekarang dapat menempatkan iklan di beranda Explore dan umpan profil. Penambahan iklan datang setelah Instagram terus menghadapi reaksi keras atas perubahan terbaru.
Unit iklan baru kemungkinan akan sangat tidak populer di kalangan pengguna Instagram. Akhir-akhir ini, Meta telah menghadapi banyak protes. Di antara keluhan yang sering dilaporkan adalah jumlah unggahan yang disarankan atau “Suggested” di feed semakin banyak, fokus platform ke fitur Reels, dan jumlah iklan di aplikasi.
Penempatan iklan baru pertama yang datang adalah di umpan Explore. Sebelumnya, Instagram telah menampilkan iklan di umpan Explore saat Anda mengunjungi tab Explore dengan mengeketuk unggahan lalu gulir ke bawah. Saat menggulir unggahan, Anda akan melihat sejumlah iklan berbeda yang disisipkan.
Namun lewat perubahan ini, Anda akan mulai melihat iklan langsung di beranda Explore. Artinya, Anda akan segera melihat iklan saat mengetuk tab Explore meskipun Anda tidak sedang menggulir unggahan.
Perubahan iklan ini juga dilakukan karena Instagram melihat banyak pengguna yang menghabiskan waktu di Explore. Selain di umpan Explore, Instagram juga menambahkan iklan langsung ke umpan profil. Sebelumnya, halaman profil untuk pengguna bebas dari iklan. Jadi, jika Anda mengetuk untuk melihat profil seseorang, Anda tidak akan pernah melihat iklan saat menggulir umpan orang itu.
Namun, kondisi tersebut akan berubah. Saat Anda mengunjungi profil pengguna dengan mengetuk salah satu unggahan mereka lalu gulir ke bawah melalui umpan vertikal itu, Anda akan sering melihat iklan yang disisipkan. Instagram mengatakan kreator dapat memperoleh penghasilan tambahan dari iklan yang ditampilkan di umpan profil mereka. Namun, penawaran ini hanya tersedia untuk kreator tertentu di Amerika Serikat.