Ahad , 23 Oct 2022, 13:47 WIB

Venue Piala Dunia Qatar 2022: Stadion 974

Red: Israr Itah
Stadion 974, salah satu venue Piala Dunia Qatar 2022.
Foto EPA-EFE/NOUSHAD THEKKAYIL

Stadion 974, salah satu venue Piala Dunia Qatar 2022.

Stadion 974 merupakan satu-satunya venue Piala Dunia 2022 yang berada di tepi laut.

REPUBLIKA.CO.ID, Stadion 974 merupakan satu-satunya venue Piala Dunia 2022 yang berada di tepi laut dengan pemandangan cakrawala Doha yang spektakuler. Stadion ini dibangun menggunakan kontainer pengiriman bersertifikat standar dan elemen baja modular, merefleksikan pelabuhan terdekat dan sejarah industri tempat itu. 

Konsep ini menghasilkan tampilan stadion yang khas, penuh warna, dan modern. Desain stadion ini dirancang oleh Arsitek Fenwick Iribarren.

Baca Juga

Seperti dikutip dari laman FIFA+, stadion ini mengusung konsep desain modular cedera, yakni terdiri dari beberapa modul terpisah yang dapat dibongkar pasang serta dikonfigurasi. Ini membuat lebih sedikit material bangunan yang dibutuhkan dibandingkan pengembangan stadion tradisional, sehingga membantu menekan biaya konstruksi.

Ini termasuk fleksibilitas dalam desain untuk membangun kembali stadion dengan kapasitas yang sama di lokasi yang berbeda, atau membangun beberapa venue yang lebih kecil menggunakan material serupa. Jika dianalogikan, stadion ini dirancang seperti mainan anak Lego yang bisa dibongkar pasang dan dibangun kembali lewat material yang sama.