Rabu 02 Nov 2022 05:49 WIB

Ini Dia Lima Lagu Tema Piala Dunia Terbaik Sepanjang Masa

Lagu yang dinyanyikan Shakira dan Ricky Martin jadi yang paling ikonik dan dikenang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Ricky Martin yang menyanyikan lagu tema Piala Dunia 1998, The Cup of Life (La Copa de La Vida).
Foto: AP/Eduardo Verdugo
Ricky Martin yang menyanyikan lagu tema Piala Dunia 1998, The Cup of Life (La Copa de La Vida).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Piala Dunia sebagai kejuaraan paling bergengsi di pentas sepak bola terus menyedot perhatian global sejak pertam kali digelar pada 1930 di Uruguay. Perhatian ini tidak terlepaas dari status sepak bola yang kerap dianggap sebagai olahraga terpopuler di dunia.

Jutaan pasang mata, baik di dalam stadion ataupun via siaran langsung di layar kaca, menanti aksi-aksi terbaik dari para pelakon di lapangan hijau dalam merebut supremasi tertinggi di pentas si kulit bundar. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pun terus berbenah dalam mengemas gelaran Piala Dunia, yang digelar tiap empat tahun sekali.

Baca Juga

Piala Dunia tidak lagi dipandang sebagai event olahraga rutin, melainkan sudah menjadi sarana hiburan tersendiri buat penduduk dunia. Terhitung sejak gelaran Piala Dunia 1990, yang dihelat di Italia, FIFA telah melengkapi gelaran Piala Dunia dengan lagu tema ataupun anthem.

Lagu-lagu tersebut dianggap mewakili semangat dari perhelatan Piala Dunia tersebut. Dari deretan lagu tema yang pernah mengisi gelaran Piala Dunia sejak 1990, laman Sports Keeda telah memilih lima lagu tema terbaik:

5. We Are One -- Pitbull, Jenifer Lopez, dan Claudia Leitte (Piala Dunia 2014)

Lagu ini dipopuler penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Jenifer Lopez, dan rapper asal AS, Pitbull. Dua artis asal Negeri Paman Sam itu pun bekerja sama dengan penyanyi asal Brasil, Claudio Leitte, selaku artis asal negara penyelenggara.

Kemampuan Pittbull dalam merangkai lirik dan rima berpadu dengan suara indah Jenifer Lopez. Bagian chorus yang berisi lirik,''Ole, Ole, Ole'', diperkuat dengan irama samba asal Brasil. Lagu berdurasi empat menit lima detik ini akhirnya menjadi salah satu lagu tema Piala Dunia yang paling banyak didengarkan.

4. Hot Hot Hot -- Arrow (Piala Dunia 1986)

Lagu milik artis asal Karibia, Arrow, ini sebenarnya tidak diciptakan khusus untuk gelaran Piala Dunia 1986 di Meksiko. Lagu ini termasuk dalam debut album Arrow pada 1982. Namun, empat tahun berselang, FIFA memutuskan memilih lagu ini sebagai lagu tema Piala Dunia 1986.

Keputusan FIFA ini terbilang tepat. Hot Hot Hot mendapatkan sambutan positif sebagai lagu tema Piala Dunia 1986. Irama upbeat khas Karibia ditambah lirik yang riang dinilai cocok dalam menggambar pesta yang terjadi di tanah Meksiko.

3. Wavin' Flag -- K'naan (Piala Dunia 2010)

Artis hip-hop dan reggae asal Kanada, K'naan, mendedikasikan lagu ini untuk tanah leluhurnya, Somalia. Lirik dalam lagu ini juga berisi soal perjuangan rakyat Somalia untuk bisa meraih kemerdekaan.

Lagu ini mulai menarik perhatian internasional saat salah satu sponsor Piala Dunia 2010, Coca Cola, memilihnya sebagai lagu promosi. Salah satu keunggulan dari lagu ini adalah lirik yang begitu kuat. K'naan menyelipkan salah satu bait puisi milik kakeknya, Haji Muhammad. ''When I get older, I will be stronger they call me freedom, just like a wavin' flag,'' bunyi lirik di salah satu bagian lagu tersebut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement