Rabu 02 Nov 2022 22:34 WIB

Perawat Ungkap Ciri-Ciri yang Diperlihatkan Orang Menjelang Meninggal

Menurut perawat, sebulan sebelum pasiennya meninggal, ada ciri khas yang ditunjukkan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Perawat di rumah sakit mengenakan alat pelindung diri saat memeriksa pasiennya (Ilustrasi). Ada banyak reaksi yang berbeda pada orang yang akan meninggal dunia, namun mayoritas menunjukkan ciri khusus.
Foto: AP Photo/Alexandr Kulikov
Perawat di rumah sakit mengenakan alat pelindung diri saat memeriksa pasiennya (Ilustrasi). Ada banyak reaksi yang berbeda pada orang yang akan meninggal dunia, namun mayoritas menunjukkan ciri khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang akhir hayat, konon orang akan menunjukkan ciri-ciri khusus. Perawat Julie McFadden (39 tahun) melihat pertanda itu setelah merawat banyak orang dewasa yang mendekati ajalnya.

"Sangat normal untuk takut mati dan saya memiliki beberapa pasien yang mengungkapkan ketakutan mereka," kata perawat di rumah sakit California, Amerika Serikat itu, dilansir The Sun, Rabu (2/11/2022).

Baca Juga

McFadden mengatakan ada banyak reaksi yang berbeda pada orang yang akan meninggal dunia. Akan tetapi, mayoritas sering mengalami "penglihatan masa depan".

Saat sekarat, orang sering kali sepenuhnya sadar. Mereka lalu melihat teman, keluarga, bahkan hewan peliharaan yang sudah mendahului. Begitu ini terjadi, menurut McFadden, orang-orang itu "tidak lagi takut akan kematian".

"Orang-orang tidak banyak membicarakannya, tetapi itu sangat umum dan lebih dari setengah orang yang saya rawat pernah mengalaminya," ujar dia.

Terkadang, menurut McFadden, pasien mengatakan bahwa mereka "didatangi" orang yang dicintai dalam mimpi. McFadden--yang berpengalaman merawat orang-orang dari segala lapisan usia dengan kondisi yang membatasi hidup-- mengatakan penglihatan itu biasanya akan terjadi sekitar sebulan sebelum seseorang meninggal.

"Biasanya, orang yang mengalami ini akan berkata, 'Saya tahu ini terdengar gila'. Mereka sangat sadar akan apa yang sedang terjadi," kata McFadden.

McFadden membagikan penjelasan itu di TikTok, di mana dia mengunggah video di akun @hospicenursejulie. Lewat unggahannya, McFadden mencoba mengedukasi orang-orang tentang kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement