Jumat 04 Nov 2022 11:47 WIB

Motor Listrik Militer E-Tactical akan Digunakan di Semua Matra TNI

Electric Tactical Motor Bike ini dipamerkan diIndo Defence 2022 Expo & Forum.

Red: Gilang Akbar Prambadi
E-Tactical Motor Bike yang akan digunakan oleh TNI.
Foto: Dok. Web
E-Tactical Motor Bike yang akan digunakan oleh TNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angin segar didapatkan kendaraan listrik berupa motor militer yang dinamakan Electric Tactical (E-Tactical) Motor Bike. Motor listrik militer yang dikembangkan PT Eltran Indonesia- anak perusahaan Len Industri- dan berkolaborasi dengan PT BYXE Motor Indonesia (BMI) tersebut telah mendapatkan sertifikat produk E-Tactical Motor Bike dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemenhan).

E-Tactical Motor Bike merupakan karya anak bangsa dan menjadi salah satu unit yang dipamerkan dalam pameran pertahanan internasional Indo Defence 2022 Expo & Forum di JIEXpo Kemayoran (Arena PRJ), Jakarta Pusat, 2 hingga 5 November. Pada saat pembukaan, di antaranya dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Baca Juga

"Pak Presiden dan Menhan tadi terlihat sangat antusias saat mengetahui detail motor ini. Beliau menanyakan berapa kapasitas produksinya sekarang dan mendorong untuk ditingkatkan serta digunakan lebih luas. Apalagi Pak Menhan juga menegaskan kesiapannya untuk memberikan dukungannya," kata Direktur Utama Len, Bobby Rasyidin, kepada para wartawan di lokasi.

"Tentunya ini menjadi kebanggaan karena diproduksi atau merupakan karya anak bangsa. Dan pada kesempatan ini saya mendapatkan kontrak pertama untuk digunakan TNI sebanyak enam ribu unit. Semua TNI, yakni darat, laut dan udara," kata dia menambahkan.