Selasa 08 Nov 2022 15:25 WIB

Ilmuwan Temukan Sisa-Sisa Bangkai Bintang yang Tertua

Bintang mati ini ditemukan hanya 90 tahun cahaya dari Bumi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Langit malam berbintang/ilustrasi
Foto: Pixabay
Langit malam berbintang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang mati tertua yang diketahui memiliki sistem planet berbatu telah ditemukan. Objek ini ditemukan hanya 90 tahun cahaya dari Bumi. Temuan ini memberikan wawasan tentang komposisi dunia yang terbentuk hampir 11 miliar tahun yang lalu.

Dilansir dari Space, Selasa (8/11/2022), bintang itu disebut kerdil putih, bangkai bintang yang kehabisan bahan bakar hidrogen di intinya. Objek bintang itu bernama WDJ2147-4035. Bintang itu lahir sebagai bintang biasa 10,7 miliar tahun yang lalu (hanya tiga miliar tahun setelah Big Bang).

Baca Juga

Bangkai bintang itu adalah salah satu dari dua kerdil putih yang tercemar oleh puing-puing planet yang baru ditemukan dalam data yang dikumpulkan oleh misi pemetaan galaksi Gaia dari Badan Antariksa Eropa (ESA).

Meskipun bukan kerdil putih pertama yang ditemukan mengumpulkan puing-puing dari pembongkaran planet, mereka adalah yang tertua. Bangkai bintang ini memberikan wawasan yang tajam tentang komposisi planet yang terbentuk ketika alam semesta berusia kurang dari tiga miliar tahun.