Jumat , 11 Nov 2022, 14:56 WIB

Martinez Sertakan Romelu Lukaku dalam Skuad Belgia di Piala Dunia 2022

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Endro Yuwanto
Striker timnas Belgia, Romelu Lukaku.
Foto EPA-EFE/Alessandro di Marco

Striker timnas Belgia, Romelu Lukaku.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez, mengambil risiko memanggil Lukaku yang cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Striker Inter Milan, Romelu Lukaku, akhirnya dipastikan bakal merumput di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Sempat dilaporkan bakal absen lantaran kondisi kebugaran, Lukaku disertakan pelatih Roberto Martinez dalam daftar 26 penggawa Belgia yang bakal tampil di Qatar 2022.

Penyerang berusia 29 tahun itu memang lebih banyak menghuni ruang perawatan I Nerazzurri pada musim ini. Sempat pulih dari cedera hamstring pada pertengahan Oktober 2022, Lukaku terpaksa kembali masuk ke ruang perawatan usai mengalami cedera otot.

Baca Juga

Alhasil, pemain pinjaman dari Chelsea itu hanya tampil di lima laga di semua ajang dan baru menyumbangkan dua gol dan satu assit. Lukaku pun tercatat baru tampil selama 256 menit laga.

Ujungnya, meski bisa pulih dari cedera, Lukaku akan mengalami kesulitan untuk bisa tampil bugar selama 90 menit apabila dipercaya tampil bersama Belgia di putaran final Piala Dunia 2022. Namun, pelatih Belgia, Roberto Martinez, mengambil risiko tersebut.

Mantan penyerang Manchester United tetap disertakan dalam skuad Belgia yang merumput di Piala Dunia 2022. Seperti dilansir dari BBC, skuad final Belgia itu diumumkan pada Kamis (11/11/2022) waktu setempat.

Sebelumnya, Martinez menegaskan, tidak akan membawa Lukaku ke Qatar 2022 apabila tidak bisa mendapatkan jaminan soal peluang menurunkan eks penyerang Anderlecht itu di fase penyisihan grup.

''Hal in terkait dengan tiga laga yang akan kami lakoni di fase grup. Apabila dia cukup fit untuk tampil di salah satu dari tiga laga tersebut, maka dia akan berada di tim ini,'' ujar Martinez seperti dilansir Daily Mail, beberapa waktu lalu.

Setelah sempat kembali mengalami cedera, Lukaku memang dilaporkan kembali ke Belgia untuk melanjutkan perawatan dengan tim medis timnas Belgia. Lukaku secara berkala diperiksa oleh tim medis Belgia guna memastikan kondisi kebugaran dan proses pemulihan cedera tersebut.

Selain Lukaku, Martinez juga memanggil Eden Hazard, yang kesulitan menembus tim inti Real Madrid pada musim ini. Tidak hanya itu, mantan pelatih Everton itu juga memanggil sejumlah penggawa senior di skuad Belgia, seperti Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Dries Mertens, dan Axel Witsel.

Berikut daftar lengkap penggawa Belgia di Piala Dunia 2022.

Penjaga Gawang:

Thibaut Courtois (Real Madrid), Simon Mignolet (Club Brugge), Koen Casteels (Wolfsburg)

Pemain Belakang:

Jan Vertonghen (Anderlecht), Toby Alderweireld (Antwerp), Leander Dendoncker (Aston Villa), Wout Faes (Leicester City), Arthur Theate (Rennes), Zeno Debast (Anderlecht), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Thomas Meunier (Borussia Dortmund), Timothy Castagne (Leicester City), Thorgan Hazard (Borussia Dortmund)

Pemain Tengah:

Kevin de Bruyne (Manchester City), Youri Tielemans (Leicester City), Andre Onana (Everton), Axel Witsel (Atletico Madrid), Hans Vanaken (Club Brugge)

Pemain Depan:

Eden Hazard (Real Madrid), Charles De Ketelaere (AC Milan), Leandro Trossard (Brighton), Dries Mertens (Galatasaray), Jeremy Doku (Rennes), Romelu Lukaku (Inter Milan), Michy Batshuayi (Fenerbahce), Lois Openda (Lens).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
timnas belgia skuad belgia skuad belgia ke piala dunia 2022 piala dunia 2022 striker belgia romelu lukaku lukaku masuk skuad belgia cedera lukaku pelatih belgia roberto martinez
Berita Terpopuler
Berita Lainnya