Senin 21 Nov 2022 06:44 WIB

Empat Cara Alami Agar Terlihat Awet Muda

Proses penuaan memang tak bisa dihindari, namun orang bisa terlihat awet muda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Cokelat termasuk makanan yang mengandung tinggi gula (ilustrasi). Untuk terlihat awet muda, coba batasi asupan gula.  Gula bisa mendorong proses penuaan melalui beragam cara.
Foto: Republika/Prayogi
Cokelat termasuk makanan yang mengandung tinggi gula (ilustrasi). Untuk terlihat awet muda, coba batasi asupan gula. Gula bisa mendorong proses penuaan melalui beragam cara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses penuaan memang tak bisa dihindari oleh semua orang. Akan tetapi, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan diri tetap terlihat awet muda.

"Penuaan merupakan bagian alami dari kehidupan, tetapi bukan berarti itu tak bisa dinikmati atau harus disi dengan masalah kesehatan," jelas Dr Mahmud Kara MD, seperti dikutip dari EatThis, Senin (21/11/2022).

Baca Juga

Dr Kara merekomendasikan empat cara alami yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan penampilan tetap "muda". Berikut ini adalah keempat cara tersebut.

Konsumsi antioksidan

Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan di tingkat seluler. Salah satu dampak dari kerusakan akibat radikal bebas ini adalah kulit terlihat kusam dan berkeriput. Antioksidan berperan dalam melawan kerusakan ini akibat radikal bebas.

Konsumsi antioksidan dapat memperbaiki kesehatan kulit di tingkat seluler. Hal ini dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, kenyal, dan minim kerutan. Sebagai tambahan, asupan antioksidan juga dapat membawa manfaat kesehatan bagi tubuh secara umum, seperti menurunkan risiko penyakit kronis.

Antioksidan bisa didapatkan melalui beragam sayur dan buah. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah dengan berbagai warna.

Berhenti merokok

Merokok bisa mempercepat proses penuaan melalui dua cara. Secara langsung, merokok dapat mendorong terjadinya pembentukan radikal bebas yang berlebih. Sedangkan secara tidak langsung, merokok juga menjadi faktor risiko dari beragam penyakit.

Sebaliknya, tidak merokok dapat menjadi bagian dari pola hidup yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan begitu, seseorang bisa memiliki harapan hidup yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement