Jumat 02 Dec 2022 23:17 WIB

Vespa Dirakit di Indonesia, Harganya Bakal Turun?

Piaggio telah resmi mengoperasikan fasilitas perakitan di Indonesia.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Piaggio mulai melakukan perakitan Vespa di Indonesia.
Foto: dok. istimewa
Piaggio mulai melakukan perakitan Vespa di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piaggio telah resmi mengoperasikan fasilitas perakitan di Indonesia. Hal itu pun menimbulkan spekukasi soal adanya penurunan harga jual dari Vespa.

Namun, pengamat otomotif, Bebin Juana mengatakan, adanya ubahan lokasi perakitan suatu produk belum tentu membuat suatu pabrikan melakukan penyesuaian harga.

Baca Juga

"Mengingat penentuan harga juga akan sangat banyak dipengaruhi oleh strategi marketing yang diterapkan oleh masing-masing brand. Terlebih, dalam segmen premium, harga produk juga jadi bagian dari brand identity sehingga akan sangat menentukan posisi pasar dari produk tersebut," kata Bebin kepada Republika.co.id pada Jumat (2/12/2022).

Artinya, meski harga pokok suatu produk bisa ditekan berkat proses perakitan yang dilakukan di dalam negeri, suatu brand belum tentu akan menurunkan harga jual dari produk tersebut. Menurutnya, stabilitas harga jual ditengah penurunan harga pokok itu bisa membuat suatu pabrikan lebih leluasa untuk meningkatkan kualitas layanan, penambahan garansi atau penambahan fitur pada produk tersebut.