Jumat 02 Dec 2022 23:21 WIB

Umur Lebah Madu Susut Hingga 50 Persen dalam 50 Tahun Terakhir, Apa Penyebabnya?

Satu dari sepuluh spesies lebah liar di dunia menghadapi kepunahan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Satu dari sepuluh spesies lebah liar di dunia menghadapi kepunahan.
Foto: Pixabay
Satu dari sepuluh spesies lebah liar di dunia menghadapi kepunahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah makalah baru menunjukkan umur lebah madu dewasa telah menyusut hampir 50 persen dalam 50 tahun terakhir. European Red List for Bees menunjukkan hampir satu dari sepuluh spesies lebah liar menghadapi kepunahan. 

Jika diibaratkan pada manusia, maka rata-rata wanita di Inggris hidup sampai usia 41 tahun, bukan 82 tahun. Masa depan manusia juga terkait dengan lebah. Tanpa lebah dan penyerbuk lainnya, sulit menanam sebagian besar tanaman yang diandalkan untuk menjadi bahan makanan.

Baca Juga

Penelitian ini dapat membantu menjelaskan tingginya tingkat kematian koloni lebah di seluruh dunia selama beberapa dekade terakhir. Kematian lebah sangat parah di AS pada musim dingin 2006-2007, ketika beberapa peternak lebah komersial kehilangan 90 persen koloninya.

Tingginya tingkat kematian koloni lebah yang tidak dapat dijelaskan juga telah dilaporkan di Kanada, Australia, Belgia, Prancis, Belanda, Yunani, Italia, Portugal, Spanyol, Swiss, Jerman, Finlandia, dan Polandia. Pada musim dingin 2012-2013, 29 persen koloni lebah madu di Inggris mati.