Selasa 13 Dec 2022 06:45 WIB

Ini Penjelasan Mengapa Infeksi Virus RSV Sangat Berbahaya bagi Bayi

Bayi terinfeksi RSV berisiko tinggi jalani perawatan di rumah sakit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Bayi terinfeksi RSV berisiko tinggi jalani perawatan di rumah sakit.
Foto: Antara
Bayi terinfeksi RSV berisiko tinggi jalani perawatan di rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- RSV atau virus pernapasan syncytial, mungkin tidak berbahaya bagi orang dewasa yang sehat. Akan tetapi bisa sangat berbahaya bagi anak kecil dan orang tua. 

Faktanya, bayi di bawah 12 bulan menghadapi risiko tinggi dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut. Mengetahui tanda-tanda infeksi RSV dapat memberikan perbedaan antara hidup dan mati bagi beberapa bayi, dengan tiga gejala halus menjadi satu-satunya tanda bahaya yang harus dihadapi orang tua.

Baca Juga

RSV biasanya menyebabkan gejala seperti flu pada sebagian besar orang yang terinfeksi. Namun, pada bayi yang sistem kekebalannya masih berkembang, virus dapat menyebabkan komplikasi yang parah. 

Bayi yang tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah dengan akses perawatan medis yang tidak memadai, memiliki risiko kematian lebih tinggi akibat infeksi virus mereka. Untungnya, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa mungkin cara untuk mengetahui anak yang membutuhkan perawatan intensif dan berapa lama harus menjalankannya. 

Para peneliti dari Ann & Robert H. Lurie Children's Hospital of Chicago mengatakan usapan hidung dapat mengungkapkan gen mana yang diaktifkan oleh RSV. Anak-anak yang memiliki lebih banyak kerusakan pada lapisan sel hidung akhirnya tinggal lebih lama di unit perawatan intensif anak (PICU).

“Kami sangat senang menemukan bahwa tingkat keparahan penyakit anak terkait dengan rangkaian gen berbeda yang dihidupkan dalam respons tubuh mereka terhadap RSV,” kata penulis senior Bria Coates MD, dokter Perawatan Kritis di Lurie Children's, dikutip dari laman Studyfinds.org, Selasa (13/12/2022).

Asisten Profesor Pediatri di Northwestern University Feinberg School of Medicine itu, dalam rilis media, mengatakan ada cara untuk mengidentifikasi bayi mana dengan RSV dalam perawatan intensif yang akan pulih dengan cepat. Selain itu pasien mana yang memerlukan perawatan lebih lama.

Hal itu akan memberikan informasi berharga kepada orang tua dan tenaga medis. Coates mencatat bahwa jika hasilnya benar dalam studi klinik yang lebih besar, para ilmuwan dapat mengembangkan tes PCR khusus untuk RSV yang membedakan anak mana yang memiliki kasus virus yang parah. Hasilnya diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Immunology.

Infeksi RSV biasanya mulai menunjukkan gejala dalam waktu empat sampai enam hari. Bagi kebanyakan orang, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan gejala ini termasuk pilek, penurunan nafsu makan, batuk, bersin, demam, dan mengi.

Di antara pasien yang umumnya sehat, penyakit hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua pekan. Pasien-pasien ini juga tidak mungkin memerlukan rawat inap dan saat ini tidak ada pengobatan khusus untuk RSV. Meskipun para ilmuwan terus berupaya membuat vaksin untuk virus tersebut.

Menurut CDC, ini adalah satu-satunya tanda yang mungkin ditunjukkan oleh bayi dengan RSV, yakni sifat lekas marah, aktivitas menurun, dan kesulitan bernapas. Pejabat kesehatan mencatat hampir semua anak terkena RSV sebelum usia dua tahun. Bagi mereka yang sakit sebelum mencapai 12 bulan, RSV adalah penyebab bronkiolitis dan pneumonia yang paling umum. 

Selama kurang dari enam bulan adalah yang paling mungkin membutuhkan rawat inap untuk masalah pernapasan dan dehidrasi. Sebuah studi sebelumnya menunjukkan bahwa perkiraan yang lebih tua dari 120 ribu kematian bayi akibat RSV sebenarnya jauh lebih tinggi. Ketika para ilmuwan memasukkan angka kematian dari data rumah sakit, proyeksi melonjak menjadi satu dari setiap 10 kematian di antara bayi di bawah enam bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement