Rabu 14 Dec 2022 01:11 WIB

Pemeriksaan Lemak Darah Secara Berkala Dinilai Sangat Penting

Pemeriksaan lemak darah secara berkala sangat penting agar level kolesterol terjaga.

Red: Bilal Ramadhan
Cek kadar kolesterol dalam darah (ilustrasi). Pemeriksaan lemak darah secara berkala sangat penting agar level kolesterol terjaga.
Foto: PA
Cek kadar kolesterol dalam darah (ilustrasi). Pemeriksaan lemak darah secara berkala sangat penting agar level kolesterol terjaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sering dianggap sebagai salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya, faktanya lemak darah adalah kolesterol juga memiliki manfaat bagi tubuh. Hanya saja, jika jumlahnya terlampau tinggi memang dapat berisiko bagi kesehatan tubuh.

Maka itu, dr. Franciscus Ari, Sp.PD selaku dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya menjelaskan pentingnya pemeriksaan berkala komponen lemak darah. Sehingga level kolesterol tetap terjaga.

Baca Juga

“Salah satu faktor penyebab kadar kolesterol tidak normal yang dapat dimodifikasi adalah gaya hidup,” kata dr. Franciscus Ari, Sp.PD dalam rilisnya, Selasa (13/12/2022).

Jika tidak segera ditangani, hal ini bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius. Nah, berikut definisi, penyebab, bahaya dan cara mengatasi kolesterol yang perlu Anda tahu.