Ahad , 18 Dec 2022, 00:09 WIB

Kalahkan Maroko, Kroasia Raih Peringkat Tiga Piala Dunia

Rep: Anggoro Pramudya / Red: Muhammad Akbar
Pemain Kroasia Lovro Majer, tengah, meraih bola antara pemain Maroko Sofyan Amrabat, kiri, dan Hakim Ziyech, kanan, pada pertandingan playoff perebutan tempat ketiga Piala Dunia antara Kroasia dan Maroko di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Sabtu, 1 Desember 2018. 17, 2022. (Foto AP/Francisco Seco)
Foto AP/Francisco Seco

Pemain Kroasia Lovro Majer, tengah, meraih bola antara pemain Maroko Sofyan Amrabat, kiri, dan Hakim Ziyech, kanan, pada pertandingan playoff perebutan tempat ketiga Piala Dunia antara Kroasia dan Maroko di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Sabtu, 1 Desember 2018. 17, 2022. (Foto AP/Francisco Seco)

Kroasia mengalahkan Maroko dengan skor akhir 2-1

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Kroasia menyelesaikan perjalanan Piala Dunia 2022 sebagai juara ketiga usai mengalahkan Maroko dengan skor akhir 2-1 pada laga yang berlangsung di Khalifa Intrenational Stadium, Sabtu (17/12) malam WIB.

Gol pertama Kroasia hadir melalui Josko Gvardiol menit ke-7 sebelum disamakan Maroko dua menit berselang lewat Achraf Dari. Vatreni kembali memimpin pada pengujung laga berkat aksi Mislav Orsic menit ke-42.

Dengan hasil ini tim asal Balkan, Kroasia meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2022 Qatar. Adapun juara Piala Dunia 2022 akan diperebutkan oleh Argentina dan Prancis pada laga yang dimainkan besok.

Tekanan Kroasia berbuah gol pada menit ketujuh melalui sundulan bek Josko Gvardiol. Gol itu bermula dari tendangan bebas Lovro Majer kepada Ivan Perisic.

Perisic kemudian melambungkan bola ke tengah kotak penalti. Umpan tersebut disambut dengan sundulan Gvardiol ke pojok kanan gawang Maroko yang tidak terjangkau Bounou.

Tak butuh waktu lama Singa Atlas menyamakan kedudukan lewat Dari setelah memanfaatkan kesalahan pemain Kroasia Lovro Majer dalam membuang bola tendangan bebas Hakim Ziyech.

Kroasia langsung menguasai permainan, sementara Maroko menjaga kedalaman guna melakukan serangan balik.

Vatreni memiliki kans mencetak gol pada menit ke-18, tetapi tendangan Mislav Orsic mengenai rekannya sendiri. Sundulan Andrej Kramaric pada menit ke-19 juga bisa ditangkap Bounou.

Bounou membuat penyelamatan krusial pada menit ke-24 dengan menepis tendangan kaki kiri Luka Modric dari luar kotak penalti. Bola rebound nyaris disambar Marko Livaja, beruntung Bounou bisa menjauhkan bola dari pemain Kroasia.

Maroko beberapa kali menekan Kroasia dan mendapatkan kesempatan mencetak gol. Akan tetapi final pass pemain Maroko gagal membuahkan assist.

Salah satunya umpan silang Achraf Hakimi yang terlalu kencang sehingga sulit di tanduk oleh Youssef En-Nesyri.

Menjelang turun minum, Kroasia kembali unggul pada menit ke-42 lewat tendangan lob Mislav Orsic. Marko Livaja memberikan bola kepada Orsic.

Dari sisi kiri Orsic melepaskan tendangan placing kaki kanan ke tiang kedua dan tidak bisa diantisipasi Bounou. Gol itu membuat Kroasia unggul 2-1 atas Maroko pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Kroasia kembali langsung memberikan serangan berbahaya. Pada menit ke-46, Mislav Orsic melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun tembakannya masih membentur pemain belakang Maroko.

Maroko terus mencoba keluar dari tekanan Kroasia. Akan tetapi, para pemain lini tengah Vatreni berhasil memutus transisi menyerang Singa Atlas.

Kroasia kembali memiliki peluang pada menit ke-71 usai Sofyan Amrabat kehilangan bola. Nicola Vlasic lalu menggiring bola ke depan dan melepaskan tembakan kaki kanan yang sayangnya melebar dari target.

Berselang empat menit giliran Maroko hampir menyamakan kedudukan andai tendangan jarak dekat En-Nesyri gagal diblok kiper Vatreni, Livakovic.  Kedua tim tak mampu menambah gol pada sisa babak kedua. Pertandingan pun tuntas dengan skor 2-1 untuk kemenangan Kroasia. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
maroko vs kroasia piala dunia 2022 final piala dunia
Berita Terpopuler
Berita Lainnya