Rabu 21 Dec 2022 14:31 WIB

7 Kebiasaan Sehat yang Bisa Diterapkan di Tahun Baru

Kebiasaan sehat dengan memeriksakan diri ke dokter bisa jadi gaya hidup di tahun baru

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Berolahraga secara teratur bisa jadi kebiasaan sehat di tahun baru 2023
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Berolahraga secara teratur bisa jadi kebiasaan sehat di tahun baru 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat resolusi Tahun Baru adalah tradisi umum. Nantinya, fokuslah pada perubahan gaya hidup jangka panjang yang dapat berdampak besar pada kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan.

Dilansir dari chronicle pada Rabu (21/12/2022), awal tahun baru melambangkan waktu untuk perubahan tetapi mengadopsi kebiasaan baru yang sehat tidak terbatas hanya satu kali dalam setahun. Bahkan perubahan kecil dalam gaya hidup dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan secara keseluruhan.

Berikut tujuh kebiasaan sehat untuk diterapkan di tahun baru:

1. Makan dengan Baik

Masukkan makanan utuh padat nutrisi ke dalam diet Anda seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan ikan. Batasi makanan olahan dan minuman manis yang terkait dengan obesitas dan penyakit jantung.

2. Berolahraga Secara Teratur

Hanya 150 menit seminggu olahraga sedang dapat mencegah stroke, penyakit jantung dan membantu mengelola stres. Olahraga dapat dilakukan dalam berbagai bentuk seperti berjalan kaki, bersepeda, berkebun dan lainnya. Tahun ini, temukan aktivitas yang Anda sukai dan nantikan yang juga meningkatkan detak jantung Anda.

3. Dapatkan Tidur yang Lebih Baik

Tidur berkualitas rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, penambahan berat badan dan dapat berdampak negatif pada fungsi otak. Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, hindari kafein di malam hari, kurangi screen time sebelum tidur dan jaga jadwal tidur yang konsisten.

4. Kurangi Stres

Stres dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Latih perawatan diri dengan aktivitas favorit Anda dan teknik mindfulness seperti meditasi. Namun, jika stres menjadi berlebihan atau kronis, pertimbangkan untuk berbicara dengan ahli kesehatan mental.

5. Jangan Minum Alkohol

Setelah liburan, Tahun Baru adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kembali hubungan Anda dengan alkohol. Kurangi pelan-pelan dan berhenti untuk minum alkohol. Ganti dengan air putih, jus dan sebagainya.

6. Berhenti Merokok

Jika Anda merokok, berhentilah. Lebih dari 16 juta orang Amerika hidup dengan penyakit kronis yang disebabkan oleh merokok seperti penyakit paru-paru dan kanker. Merokok juga meningkatkan risiko kematian dini dan membuat orang tersayang menjadi perokok pasif. Tingkatkan harapan hidup Anda hingga 10 tahun dengan menghentikan kebiasaan itu.

7. Kunjungi Dokter

Sebuah studi yang diterbitkan oleh The Journal of The American Medical Association (JAMA) menemukan orang dewasa dengan penyedia perawatan primer lebih mungkin untuk mengisi resep dan menerima pemeriksaan kesehatan seperti mammogram dan kolonoskopi. Awali tahun ini dengan kunjungan ke dokter perawatan primer Anda untuk pemeriksaan kesehatan atau untuk mengikuti vaksinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement