Kamis 29 Dec 2022 20:35 WIB

Alami Hipotermia, Ribuan Kelelawar Bergeletakan di Jalan yang Beku

Hipotermia menyebabkan kelelawar kehilangan cengkeraman dan jatuh ke trotoar.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Kelelawar (Ilustrasi)
Kelelawar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Sekitar 1.600 kelelawar menemukan rumah sementara di loteng rumah direktur Houston Humane Society. Kelelawar itu sedang melakukan pemulihan sementara setelah mengalami syok hipotermia selama cuaca dingin baru-baru ini. Hipotermia menyebabkan kelelawar kehilangan cengkeraman dan jatuh ke trotoar.

Lebih dari 1.500 kelelawar akan dilepaskan kembali ke habitatnya di dua jembatan area Houston pada Rabu (28/12/2022). Pelepasan itu usai penyelamat satwa liar mengambil dan menyelamatkannya dengan memberikan cairan dan menghangatkannya di inkubator.

Baca Juga

Direktur satwa liar di Houston Humane Society Mary Warwick sedang berbelanja ketika angin yang membekukan terasa. Momen itu mengingatkannya tentang kondisi kelelawar di suhu dingin yang tidak biasa di wilayah tersebut.

Warwick akhirnya pergi ke jembatan dengan lebih dari 100 kelelawar tampak mati saat membeku di tanah. Selama 40 menit perjalanan pulang, hewan-hewan itu mulai hidup kembali, berbunyi, dan bergerak di dalam kotak tempat mengumpulkannya dan meletakkannya di kursi penumpang yang dipanaskan.

 
Dia memasukkan kelelawar ke dalam inkubator dan kembali ke jembatan sebanyak dua kali sehari untuk mengumpulkan lebih banyak kelelawar untuk dibawa.