Sabtu 07 Jan 2023 06:33 WIB

Begini Cara Terbaik Makan Pho ala Chef Vietnam

Semua bahan pho ditaruh di sendok agar sekaligus disantap bersama kuahnya.

Red: Fuji Pratiwi
Semangkuk pho khas Vietnam. Chef asal Vietnam menyarankan makan pho dengan cara semua bahan pho ditaruh di sendok agar sekaligus disantap bersama kuahnya.
Foto: ist
Semangkuk pho khas Vietnam. Chef asal Vietnam menyarankan makan pho dengan cara semua bahan pho ditaruh di sendok agar sekaligus disantap bersama kuahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah restoran Vietnam di Indonesia belum terlalu banyak dibandingkan restoran yang menyuguhkan hidangan dari negara Asia lain seperti China, Jepang, dan Korea. Maka, tak heran bila sebagian orang pun belum familier dengan kuliner khas Vietnam dan cara menyantapnya.

Bila nasi goreng menjadi makanan yang identik dengan Indonesia, maka pho adalah makanan yang langsung muncul di pikiran ketika bicara soal hidangan Vietnam. Hidangan kuah berisi mi, sayur, dan daging ini punya cita rasa khas berkat rempah-rempah Vietnam.

Baca Juga

Semangkuk pho umumnya terdiri dari kwetiau, kuah sapi, sayur, dan irisan daging sapi atau ayam. Kwetiau untuk pho biasanya dibuat dari tepung beras dan berbentuk tipis.

Food Director Yeu Saigon Group, chef Lu Vn Nhn, di restoran Pho Ba Ba, Summarecom Mal Kelapa Gading, Jakarta, beberapa lalu mengajarkan cara terbaik makan pho agar kelezatannya terasa maksimal di lidah. Di restoran tersebut, semangkuk pho disajikan bersama piring-piring kecil berisi saus, potongan cabai, dan potongan daun-daun rempah.