Ahad 08 Jan 2023 11:36 WIB

Mahasiswa Telkom University Buat Urban Village, Rebranding Desa Wisata di Jabar

Sebanyak 44 mahasiswa melakukan rebranding Lebakmuncang menjadi Apik’Uncang.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Finalisasi Booth Apik’Uncang.
Foto: Dok: pribai
Finalisasi Booth Apik’Uncang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Telkom University berhasil menuntaskan program tahunan Urban Village. Program ini menjadi tugas mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat sekaligus melakukan rebranding desa wisata di Jawa Barat.

Pada tahun 2022, kata salah satu mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang juga Sekretaris Program Urban Village, Syarifah Hanna, Urban Village mengangkat tema Sustainable Tourism. Tujuannya, agar ada keberlanjutan wisata melalui menjaga dan mempertahankan potensi kekayaan budaya yang ada di desa wisata pilihan oleh 8 kelas Prodi Ilmu Komunikasi Peminatan Marketing Communication angkatan 2020.

"Tema Urban Village 2022 sangat sesuai dengan salah satu desa wisata pilihan, yaitu Desa Lebakmuncang, Ciwidey, Kabupaten Bandung," ujar Syarifah, Ahad (8/1).

Syarifah menjelaskan, sebanyak 44 mahasiswa/i Ilmu Komunikasi melakujan rebranding Lebakmuncang menjadi Apik’Uncang. Mahasiswa, berkolaborasi untuk mengenalkan alat musik tradisional khas Lebakmuncang, yaitu Bangkong Reang. Alat musik ini memang berasal dari kebiasaan masyarakat desa yang bermata pencaharian sebagai petani.