REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- TikTok dengan cepat muncul sebagai platform media sosial terkemuka dengan banyak peluang monetisasi. Aktif di TikTok juga bisa memberikan pundi-pundi rupiah, terlebih jika platform tersebut dimanfaatkan dengan baik.
Seperti halnya platform media sosial lainnya seperti Instagram dan YouTube, untuk menghasilkan uang di TikTok umumnya dapat diuraikan menjadi tiga kelompok utama, dikutip dari time.com, Selasa (10/1/2023).
1. Monetisasi dalam platform
Buat konten di TikTok, lalu dapatkan bayaran dari aplikasi itu sendiri melalui pembayaran dana kreator. Perhatikan bahwa TikTok tidak memberikan bagi hasil apa pun kepada kreatornya yang berasal dari iklan, berbeda dari platform media sosial lainnya.
2. Kemitraan dan sponsor berbayar
Buktikan bahwa konten TikTok Anda memiliki engagement tinggi. Selanjutnya, coba ajak kerja sama sejumlah sponsor untuk berkolaborasi.
3. Penjualan di luar platform
Gunakan TikTok untuk menjangkau orang baru, lalu undang mereka keluar dari aplikasi untuk mengunjungi situs web Anda atau klik dan beli item menggunakan tautan afiliasi Anda.
TikTok adalah platform baru dengan jangkauan yang sangat tinggi. Berfokuslah untuk melibatkan dan menghibur audiens Anda secara konsisten dan basis penggemar akan tumbuh seiring waktu.
Rahasia sukses di TikTok adalah mengetahui jenis konten apa yang disukai. Aturan praktis yang baik adalah menjadikan konten Anda orisinal.
Caranya, buatlah video menghibur yang terlihat dapat dinikmati oleh banyak orang. “TikTok memberi penghargaan kepada pengguna yang mengambil pendekatan yang mengutamakan hiburan,” kata Tiffany Rivers, direktur senior media sosial di Media Cause, sebuah agensi kreatif.
Dibutuhkan strategi yang hati-hati untuk mendorong pengguna TikTok ke platform lain, menurut Humphrey Yang, seorang pengusaha dan mantan penasihat keuangan, dengan akun TikTok-nya, @humphreytalks yang memiliki 3,3 juta pengikut.