REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan paling nyaman untuk melewati jalan-jalan padat, tetapi boleh jadi bukan pilihan terbaik selama musim hujan. Apalagi saat banjir, air dapat merendam sepeda motor dan menyebabkan kerusakan, baik ringan maupun berat.
Banjir juga dapat berdampak negatif pada nilai motor, mengingat kerusakan yang diakibatkannya. Untuk melindungi diri dan sepeda motor Anda, perhatikan juga kondisi jalan saat hujan.
Carilah rute yang berbeda ketika menghadapi daerah banjir karena bahayanya lebih besar daripada manfaatnya. Namun jika motor Anda harus menerjang banjir, berikut daftar perawatan komponen kunci yang harus diperiksa setelahnya, seperti dikutip dari laman Daily Star, Jumat (13/1/2023).
-Jangan nyalakan kendaraan Anda
Saat air merendam pipa knalpot dan mesin sepeda motor, ada kemungkinan air masuk ke ruang bakar mesin, busi, dan sistem kelistrikan. Menghidupkan mesin dapat sangat merusak mesin lebih lanjut dengan kemungkinan menyebabkan korsleting listrik. Hal itu dapat menyebabkan palu air dan batang penghubung Anda bengkok. Jadi, jangan pernah menyalakan sepeda motor di tengah banjir.
-Ganti/bersihkan busi
Busi basah dapat menimbulkan masalah seperti korosi, dan jika dibiarkan dalam waktu lama, busi akan menjadi lebih sulit untuk dihilangkan jika lumpur telah masuk dan mengeras. Lepas busi, bersihkan dan biarkan hingga kering. Jika kerusakan terlihat, gantilah dengan yang baru. Coba nyalakan sepeda motor tanpa busi untuk menghindari kerusakan listrik. Terakhir, pastikan untuk memeriksa running coil telah ditempatkan dengan benar sebelum memasang kembali busi.
-Sistem pengereman
Air dapat mengunci sistem pengereman, terutama pada sepeda motor dengan rem tromol. Masalahnya dapat diatasi dengan mengeringkannya, melepas drum dan sepatu, lalu melumasi pelat pendukung. Periksa bantalan drum, karena saat kering akan mengeras dan kehilangan kinerjanya.
Untuk sepeda motor dengan rem cakram, segera bersihkan dan keringkan untuk menghindari masalah lebih lanjut. Periksa komponen sistem lainnya seperti kabel rem, tuas rem, master silinder, dan minyak rem. Saat sepeda keluar dari air, pompa rem beberapa kali untuk memastikannya berfungsi dengan baik dan semua air terkuras atau menguap dari pemompaan karena panas yang dihasilkan.
-Penggantian oli
Setelah melewati banjir bandang, hal selanjutnya yang harus diperiksa adalah oli motor. Ada risiko air kotor bercampur dengan oli dan merusak bagian dalam sepeda. Cukup periksa warna oli dan jika berwarna seperti susu, berarti air telah bercampur dengan oli. Oli ini tidak akan melumasi dengan baik dan menyebabkan komponen mesin aus. Hal terbaik adalah menguras atau membilas oli dan mengganti sepenuhnya dengan oli baru.
-Penyaring udara
Pastikan filter udara benar-benar kering, jika tidak, air dapat tersedot ke dalam ruang bakar, yang juga bisa merusak mesin secara internal. Idealnya, ganti filter udara untuk mempertahankan fungsi yang optimal.
-Dapatkan bantuan profesional
Terlepas dari semua tip perawatan, opsi terbaik Anda adalah melakukan servis sepenuhnya dan diperiksa oleh mekanik profesional atau pusat servis. Para profesional dilatih untuk hal-hal seperti itu, mereka dapat memeriksa secara menyeluruh dan bahkan dapat memecahkan masalah yang mungkin Anda lewatkan. Mereka adalah pilihan terbaik untuk menyelamatkan kendaraan roda dua Anda dalam jangka panjang.