Senin 16 Jan 2023 08:35 WIB

6 Jurus Rawat Mobil Kesayangan Saat Musim Hujan

Musim hujan juga menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh pengendara.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tips merawat mobil saat musim hujan (ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Tips merawat mobil saat musim hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kondisi cuaca saat hujan tentunya memberikan perbedaan saat berkendara. Musim hujan juga menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh pengendara.

Dilansir dari laman DFSK, ada beberapa hal perlu diperhatikan saat musim penghujan tiba. Penting juga untuk memeriksakan kendaraan ke bengkel resmi.

Baca Juga

Hal pertama yang harus diperiksa saat musim penghujan adalah karet wiper mobil. Kemudian kondisi ban, sektor rem dan AC. Selain itu, bisa cek kondisi semua lampu mobil. Merawat mobil di musim hujan juga bisa dilakukan sendiri lho. Berikut beberapa kiatnya:

1.Jangan Tunggu Air Hujan Mengering

Air hujan yang mengering di bodi mobil, lama kelamaan akan berisiko merusak cat dan lapisan mobil. Segera cuci mobil dengan shampo khusus dan bilas dengan air sampai bersih.

 

2.Efek Daun Talas

Rain repellent atau efek daun talas sendiri, pada dasarnya memberikan lapisan khusus pada kaca dan bodi mobil. Semorotkan cairan rain repellent pada kaca mobil, kemudian dilap menggunakan kain microfiber.

 

3.Cek Kejernihan Kaca Mobil

Air hujan berisiko menimbulkan jamur pada kaca mobil. Pastikan kaca depan mobil kamu selalu jernih, agar tidak mengganggu pandangan saat hujan. Rawat kaca mobil dengan cairan pembersih kaca. 

 

4.Poles

Proses poles menghilangkan noda dan kotoran membandel dari lapisan permukaan cat mobil, kemudian meningkatkan kilap, serta memberikan perlindungan terhadap cat dari pengaruh lingkungan.

 

5.Cegah Jamur Dengan Karpet

Tambahkan karpet untuk melapisi lantai mobil agar tidak lembab dan kotor yang bisa menimbulkan jamur.

 

6.Parkir Mobil di Tempat Tertutup

Setelah mencuci mobil, segera parkirkan mobil di tempat yang aman dan tertutup agar mobil tidak kotor lagi terkena air hujan. Kalau terpaksa diparkir di ruang terbuka, bisa gunakan cover mobil untuk melindungi dari air hujan. Jika di rumah, pastikan mobil masuk garasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement