Rabu 25 Jan 2023 16:05 WIB

Bayi AS Alami Ketoasidosis, Kelaparan Akibat Ibunya Berikan Susu Almond Buat Pengganti ASI

Ahli gizi anak di AS mendeskripsikan bahaya kesalahan pemberian nutrisi pada bayi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Susu almond (Ilustrasi). Seorang ibu di AS membuat bayinya kelaparan setelah memberikan susu almond sebagai pengganti air susu ibu (ASI).
Foto: Pxhere
Susu almond (Ilustrasi). Seorang ibu di AS membuat bayinya kelaparan setelah memberikan susu almond sebagai pengganti air susu ibu (ASI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Seorang ibu di Miami, Florida, Amerika Serikat membuat bayinya kelaparan setelah mengikuti saran yang didapatnya di media sosial. Ibu tersebut memberikan susu almond untuk bayinya.

Sekitar lima tahun lalu, ahli gizi anak Marina Chaparro mendapati bayi tersebut dirawat dengan gejala seperti penurunan berat badan dan muntah. Bayi itu menderita ketoasidosis, suatu kondisi yang berpotensi fatal yang terjadi ketika tubuh mulai memecah asam lemak untuk energi, melepaskan keton, dan membuat darah menjadi asam yang berbahaya.

Baca Juga

Awalnya, Chaparro dan rekan dokternya yang bekerja di unit endokrinologi anak mengira bayi tersebut menderita diabetes tipe 1, penyebab umum ketoasidosis. Akan tetapi setelah serangkaian tes, mereka menemukan bahwa kondisi bayi itu bukan disebabkan oleh diabetes, tetapi karena kelaparan.

Chaparro yang kini menjalankan praktik dwibahasa untuk anak-anak dan nutrisi keluarga mengatakan bahwa pengalaman tersebut telah melekat padanya selama bertahun-tahun. Ia menggambarkan betapa berbahayanya kesalahan informasi medis yang beberapa tahun terakhir semakin meluas.