Sabtu 28 Jan 2023 16:40 WIB

Penelitian Temukan Bahan Beracun di Mainan Make Up Anak-Anak

Bahan kimia beracun yang ditemukan dalam produk riasan dan tubuh anak-anak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Penelitian menemukan, mainan make up anak-anak mengandung bahan kimia racun berbahaya.
Foto: www.freepik.com
Penelitian menemukan, mainan make up anak-anak mengandung bahan kimia racun berbahaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi yang digagas para ilmuwan di Columbia University Mailman School of Public Health bersama Earthjustice menemukan bahaya pada produk riasan mainan yang menyasar anak-anak di Amerika Serikat. Pasalnya, sejumlah produk berpotensi mengandung karsinogen dan bahan kimia beracun lainnya.

Hasil studi telah diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health yang ditinjau oleh rekan sejawat. Studi menemukan,79 persen orang tua mengatakan anak mereka yang berusia 12 tahun atau lebih muda menggunakan riasan dan produk tubuh yang dipasarkan untuk anak-anak.

Baca Juga

Produk itu berupa glitter, cat khusus wajah, dan lip gloss. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa deretan produk tersebut kerap mengandung bahan kimia beracun, seperti timbal, asbes, bahan kimia sintetis PFAS, ftalat, dan formaldehida di dalamnya.

Bahan kimia beracun yang ditemukan dalam produk riasan dan tubuh anak-anak, seperti logam berat, sangat berbahaya jika memapar bayi dan anak-anak. Baik sengaja ditambahkan atau hadir sebagai kontaminan, bahan-bahan itu dikaitkan dengan efek kesehatan serius seperti kanker dan gangguan perkembangan saraf.