Sabtu 28 Jan 2023 18:04 WIB

5 Makanan Terbaik untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan ini telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan terbaik untuk menerankan tekanan darah tinggi. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Makanan terbaik untuk menerankan tekanan darah tinggi. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hampir setengah (47 persen) dari semua orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki tekanan darah lebih besar dari 130/80 mmHg. 

Angka-angka tersebut meningkat seiring bertambahnya usia. Jumlahnya menjadi sekitar 70 persen orang dewasa berusia 65 tahun ke atas. 

Baca Juga

Dilansir AARP, Jumat (27/1/2023), Co-Director dari Pusat Gangguan Tekanan Darah di Klinik Cleveland Luke Laffin mengatakan, cara yang paling mudah untuk membantu mengendalikan tekanan darah adalah memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Misalnya, menerapkan pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), yang kaya akan buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, serealia utuh, dan produk susu rendah lemak. 

Untuk mengendalikan tekanan darah, sebaiknya jangan berfokus pada satu jenis makanan tertentu, tetapi fokuslah pada diet sehat secara keseluruhan. “Semua nutrisi ini bekerja bersama secara sinergis,” kata asisten profesor nutris dan ilmu makanan di University of Rhode Island dan wakil ketua nutrisi American Heart Association, Maya Vadiveloo.