Kamis 02 Feb 2023 14:56 WIB

Delapan Menit Sekali, Satu Orang Indonesia Terkena Kanker Payudara

Pada 2020 ada sekitar 65.858 kasus baru kanker payudara sepanjang tahunnya.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Gita Amanda
Pita pink menjadi simbol kesadaran akan kanker payudara (ilustrasi). Penderita kanker payudara dari tahun ke tahun terus meningkat di Indonesia.
Foto: Republika
Pita pink menjadi simbol kesadaran akan kanker payudara (ilustrasi). Penderita kanker payudara dari tahun ke tahun terus meningkat di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis bedah kanker dari Rumah Sakit Dharmais Jakarta, Rian Fabian Sofyan, mengatakan penderita kanker payudara dari tahun ke tahun terus meningkat di Indonesia. Mengutip data Global Cancer Observatory, pada 2020 dia sebut ada sekitar 65.858 kasus baru kanker payudara sepanjang tahunnya.

“Artinya 182 kasus per hari dan 7,6 kasus per jam atau satu pasien baru setiap delapan menit,” kata Rian dalam diskusi daring yang diadakan Kemenkes ‘Peringatan Hari Kanker Sedunia 2023’ di Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Baca Juga

Dia menambahkan, risiko dari kanker payudara di Indonesia juga tergolong besar, sekitar 25 persen dari 10 penyintas yang meninggal dunia. Hal itu, ia sebut karena tes dini yang kerap dihindari dan mencakup beberapa faktor penyebab.

“Pertama ketakutan, lalu tidak memiliki biaya, padahal ada BPJS, yang dipermasalahkan mungkin biaya tinggal dan ke lokasi yang mahal. Terakhir informasi yang kurang atau pengaruh sosial dan tetangga,” ucapnya.