Jumat 10 Feb 2023 16:29 WIB

Minum Kopi Dapat Turunkan Tekanan Darah, Perlu Berapa Cangkir?

Kopi tampak berkhasiat menurunkan tekanan darah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Secangkir kopi hitam (ilustrasi). Peneliti di Italia menemukan manfaat minum secangkir kopi bagi pengelolaan tekanan darah.
Foto: PixaHive
Secangkir kopi hitam (ilustrasi). Peneliti di Italia menemukan manfaat minum secangkir kopi bagi pengelolaan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman kopi ternyata menawarkan lebih dari sekadar rasa yang enak dan dorongan energi untuk seseorang. Menurut penelitian baru, menikmati kopi setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, asalkan Anda tidak minum terlalu banyak.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients itu menunjukkan pecinta kopi cenderung memiliki tekanan darah yang rendah. Manfaat untuk kardiovaskular ini dapat diperoleh dengan meminum hanya satu cangkir kopi sehari.

Baca Juga

Salah satu peneliti, Arrigo Cicero, mengatakan hasil meminum hanya satu cangkir kopi sehari sangat jelas manfaatnya. Menurutnya, tekanan darah perifer secara signifikan lebih rendah pada individu yang mengonsumsi satu hingga tiga cangkir kopi sehari dibandingkan pada orang yang tidak minum kopi.

"Kita tahu kafein dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi komponen bioaktif lain dalam kopi tampaknya mengimbangi efek ini dengan hasil akhir yang positif pada tingkat tekanan darah," ujar Cicero, dilansir laman Express, Jumat (10/2/2023).

Tim dari University of Bologna dan University Hospital of Bologna di Italia mengamati 720 pria dan 783 wanita peserta Brisighella Heart Study. Pera peneliti ini membandingkan tingkat tekanan darah dengan asupan kopi peserta.

Kelompok tersebut mencakup 220 orang yang tidak minum kopi, 406 orang yang menikmati secangkir kopi setiap hari, dan 726 peserta yang mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari. Selanjutnya, sekitar 99 peserta minum tiga cangkir, sementara 52 peserta lainnya menikmati lebih dari itu setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement