Wednesday, 15 Rabiul Awwal 1446 / 18 September 2024

Wednesday, 15 Rabiul Awwal 1446 / 18 September 2024

Bea Cukai Gelar Customs Visit Customers Guna Jalin Sinergi dengan Pelaku Usaha

Senin 27 Mar 2023 17:47 WIB

Red: Nora Azizah

Bea Cukai mempererat sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha, salah satunya melalui wadah kegiatan customs visit customers

Bea Cukai mempererat sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha, salah satunya melalui wadah kegiatan customs visit customers

Foto: Dok. Bea Cukai
Customs Visit Customers merupakan kegiatan pertukaran informasi bagi pelaku usaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya untuk mempererat sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha dijalankan oleh Bea Cukai, salah satunya melalui wadah kegiatan customs visit customers. Kegiatan tersebut ditujukan sebagai sarana diskusi dan pertukaran informasi bagi pelaku usaha yang tengah menghadapi kendala ataupun ingin memanfaatkan fasilitas kepabeanan dan cukai.

Kegiatan CVC kali ini dilakukan oleh Bea Cukai Wilayah Banten, Bea Cukai Tanjung Emas, dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, Selasa (14/3/2023) lalu, Bea Cukai Wilayah Banten melakukan CVC ke PT L’Essential yang merupakan salah satu pengguna fasilitas pembebasan cukai etil alkohol di Tangerang Selatan. Dalam kesempatan diskusi tersebut, pihak Bea Cukai Wilayah Banten menjelaskan tugas dan fungsi Bea Cukai. 

Baca Juga

Bea Cukai tidak hanya mengumpulkan penerimaan negara, melainkan memiliki misi sebagai trade facilitator dan industrial assistance. Misi ini dilaksanakan dengan memberikan asistensi dan bagaimana membantu kelancaran perdagangan. 

Saat ini Bea Cukai juga membantu dalam pengaman hak atas kekayaan intelektual (HAKI). Jika terdapat pemalsuan atas produk silahkan diinfokan kepada Bea Cukai, terlebih karena Bea Cukai bertugas di wilayah border (pintu masuknya barang impor).