Komisi VIII DPR RI Dorong Lembaga Pendidikan Islam Melek Teknologi

Keberadaan teknologi berdampak kepada hilangnya sejumlah pekerjaan manusia.

Senin , 25 Sep 2023, 13:55 WIB
Komisi VIII DPR RI mendorong agar lembaga pendidikan Islam di Indonesia harus memanfaatkan perangkat teknologi secara maksimal. (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Komisi VIII DPR RI mendorong agar lembaga pendidikan Islam di Indonesia harus memanfaatkan perangkat teknologi secara maksimal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Komisi VIII DPR RI mendorong agar lembaga pendidikan Islam di Indonesia harus memanfaatkan perangkat teknologi secara maksimal. Hal itu dilakukan agar mendorong terhadap peningkatan kualitas.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mengatakan, kemajuan teknologi sangat memudahkan manusia dalam beraktivitas. Namun, keberadaan teknologi pun berdampak kepada hilangnya sejumlah pekerjaan yang biasa dilakukan manusia.

Baca Juga

“Para petani ke depan tidak butuh tukang siram, tidak butuh tukang giling. Kenapa? karena teknologi. Di Pesantren al-Ittifaq Rancabali menyiram sayur-sayuran menggunakan teknologi digital," ujar dia saat acara Ngobrol Pendidikan Islam akhir pekan ini di Kabupaten Bandung melalui keterangan resmi yang diterima, akhir pekan ini.

Peran guru, ia mengatakan berpotensi seperti itu di tengah kemajuan teknologi yang ada. Oleh karena itu, lembaga pendidikan Islam harus dapat memanfaatkan keberadaan teknologi untuk meningkatkan kualitas.

Ace pun menyoroti kondisi lulusan pendidikan Islam yang sulit terserap oleh dunia kerja. Ia menilai pendidikan Islam harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. “Di jenjang perguruan tinggi Islam, masih terjadi kesenjangan partisipasi dan relevansi dengan kebutuhan pasar," kata dia.

Ia menilai dunia pendidikan harus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Lembaga pendidikan Islam harus mencetak lulusan yang sesuai kebutuhan. Ace menegaskan pendidikan Islam harus memanfaatkan kemajuan teknologi demi meningkatkan kualitas. Sehingga diharapkan pendidikan Islam akan memberi sumbangan bagi kemajuan Indonesia.