Rabu 18 Oct 2023 10:09 WIB

Honda Bantu Revitalisasi Rambu Lalu Lintas dan Marka Jalan Kabupaten Bangli

Program ini untuk meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas.

Rep: Agus Raharjo/ Red: Firkah fansuri
PT Honda Prospect Motor Kotaro Shimizu menyerahkan bantuan revitalisasi rambu lalu lintas dan marka jalan Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (17/10/2023).
Foto: HPM
PT Honda Prospect Motor Kotaro Shimizu menyerahkan bantuan revitalisasi rambu lalu lintas dan marka jalan Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (17/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,BANGLI--President Director PT Honda Prospect Motor Kotaro Shimizu menyerahkan bantuan revitalisasi rambu lalu lintas dan marka jalan Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (17/10/2023). Penyerahan bantuan untuk memperbaiki puluhan rambu lalu lintas ini dilakukan menjadi salah satu kampanye mendukung keamanan untuk pengguna jalan raya.

Kotaro Shimizu menuturkan, kegiatan ini merupakan tanggung jawab sosial Honda untuk mewujudkan lingkungan aman bagi seluruh pengguna jalan. Selain membantu revitalisasi rambu lalu lintas dan marka jalan, Honda juga ingin menghadirkan produk dengan fitur dan teknologi untuk keselamatan konsumen. 

Baca Juga

"Melakukan sosialisasi keselamatan berkendara untuk konsumen, serta membantu menciptakan kondisi jalan yang aman bagi setiap orang. Harapan kami dengan adanya marka jalan dan rambu petunjuk jalan akan meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan sehingga dapat mendukung mobilitas masyarakat sekitar," tutur Shimizu di Bangli, Selasa (17/10/2023).

Penyerahan bantuan revitalisasi marka jalan dan puluhan rambu lalu lintas bertempat dilakukan di alun-alun Kabupaten Bangli. Alun-alun Kabupaten Bangli terletak di Jalan Brigjen Ngurah Rai Nomor 30, Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli yang merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Bangli.

Revitalisasi yang dilakukan meliputi revitalisasi marka jalan sepanjang 4 kilometer, PJU Solar Cell sebanyak 4 unit, Zebra Cross sepanjang 12 meter, rambu penyebrangan 4 unit serta Strip Trap sebanyak 2 unit. Ruas jalan ini sehari-hari digunakan oleh penduduk setempat sebagai akses dari dan juga menuju pusat Kabupaten Bangli. Saat ini kondisi jalan tersebut tidak memiliki marka jalan yang baik, kemudian juga belum dilengkapi dengan zebra cross serta rambu penyeberangan.

Bupati Kabupaten Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan terima kasihnya atas bantuan revitalisasi rambu lalu lintas dan marka jalan. "Kami berharap program CSR yang dilakukan PT Honda Prospect Motor ini dapat membantu meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas dan juga mendukung kelancaran transportasi di daerah kami," ujarnya. 

Sebelumnya, Honda juga telah melakukan kegiatan serupa bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor. Di Kota Bogor, revitalisasi dilakukan di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Kota Bogor, Jawa Barat pada 15 Desember 2021. Kemudian juga di Jalan Pemogan, Kota Denpasar, Bali pada 18 Desember 2022.

Dalam kegiatan tersebut Honda melakukan revitalisasi ruas jalan yang sehari-hari digunakan oleh penduduk setempat. Revitalisasi yang dilakukan meliputi markamembujur utuh dan marka membujur putus-putus di dua sisi jalan, rambu petunjuk, zebra cross dan lampu peringatan kuning.

Secara global, Honda telah menggerakan kampanye “Safety for Everyone” yang bertujuan menciptakan kondisi aman bagi semua pengguna jalan, mulai dari pengendara dan penumpang di dalam mobil, pengguna kendaraan lainnya, hingga pejalan kaki. Tak hanya dengan teknologi keselamatan dalam mobil, inisiatif keselamatan Honda juga terwujud dari perbaikan fasilitas di jalan raya, salah satunya melalui kegiatan CSR yang dilakukan di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement