Selasa 21 Nov 2023 15:13 WIB

JETP Jadi Upaya Indonesia Percepat Transisi Energi

JETP jadi upaya mendorong percepatan transisi energi capai Net Zero Emission.

Red: Nora Azizah
Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan (JETP) jadi salah satu upaya Indonesia percepat transisi energi.
Foto: www.freepik.com
Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan (JETP) jadi salah satu upaya Indonesia percepat transisi energi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan bahwa kerja sama Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan (Just Energy Transitions Partnership/JETP) merupakan salah satu upaya Indonesia untuk mempercepat transisi energi. "JETP merupakan salah satu upaya Indonesia dalam mendorong percepatan transisi energi sesuai target ENDC (enhanced nationally determined contribution) dan target kita mencapai NZE (net zero emission) pada 2060," ujarnya saat peluncuran Investment and Policy Plan (CIPP) Pelaksanaan JETP di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ad-interim Erick Thohir yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, JETP merupakan jalinan kerja sama yang luar biasa bagi Indonesia dengan para mitra yang memiliki visi sama untuk membangun Indonesia.

Baca Juga

"Indonesia sebagai negara yang menjadi salah satu pertumbuhan ekonomi dunia, penting dijaga bersama-sama. Karena faktanya, dengan situasi global saat ini, pertumbuhan ekonomi menjadi kunci untuk menjaga warga dan masing-masing negara untuk mendapatkan hal yang lebih baik dalam menghadapi ketidakpastian saat ini," kata Erick, dalam rilis Kementerian ESDM.

Menurut Arifin, rampungnya rumusan skenario dekarbonisasi, daftar proyek prioritas dan mekanisme pembiayaan yang dituangkan dalam dokumen CIPP menjadi komitmen JETP dalam membantu Pemerintah Indonesia sebagai dasar perencanaan dan pengambilan kebijakan di sektor ketenagalistrikan yang berbasis energi hijau.