Selasa 28 Nov 2023 17:00 WIB

Waspada, Pemanasan Global Menuju 2,9 Derajat Celsius Abad Ini

Negara-negara di dunia diminta segera implementasikan strategi iklim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pemanasan global (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Pemanasan global (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Negara-negara harus melakukan upaya yang jauh lebih besar untuk mengimplementasikan strategi iklim mereka selama dekade ini. Pasalnya, menurut laporan terbaru dari Program Lingkungan PBB (UNEP), kebijakan iklim saat ini akan mengakibatkan kenaikan suhu bumi sebesar tiga derajat Celsius pada abad ini. Kenaikan tersebut dapat dibatasi hingga 2,9 derajat Celsius jika negara-negara menerapkan rencana iklim nasional (NDC) mereka secara penuh.

Hal ini dapat ditekan hingga 2,5 derajat Celcius jika rencana negara-negara berkembang, yang saat ini bergantung pada dukungan finansial, dilaksanakan. Karena hal tersebut akan menghasilkan penurunan emisi sebesar sembilan persen. 

Baca Juga

Dalam skenario UNEP yang paling optimis, di mana semua NDC bersyarat dan komitmen Net Zero dipenuhi, pembatasan kenaikan suhu hingga dua derajat Celcius dapat dicapai. Skenario ini dianggap memberikan peluang terbaik sebesar 14 persen untuk membatasi kenaikan suhu hingga 1,5 derajat Celcius.

Saat ini, 97 negara telah berjanji untuk mencapai emisi nol bersih, naik dari 88 negara tahun lalu. Janji tersebut mencakup 81 persen gas rumah kaca (GRK) dunia. Namun, para penulis tidak menganggap janji ini kredibel, dengan menunjukkan bahwa tidak ada satu pun dari negara-negara G20 yang mengurangi emisi dengan kecepatan yang konsisten dengan target nol bersih mereka.