Rabu 29 Nov 2023 01:13 WIB

Analisis Terbaru Sebut Emisi Karbon akan Turun 70 Persen di 2024, Ini Penyebabnya

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan emisi gas rumah kaca bisa menurun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Emisi gas rumah kaca berpeluang menurun hingga 70 persen pada tahun 2024.
Foto: www.freepik.com
Emisi gas rumah kaca berpeluang menurun hingga 70 persen pada tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akhirnya ada kabar baik mengenai respons global terhadap krisis iklim. Sebuah analisis terbaru dari Climate Analytics, lembaga ilmu pengetahuan dan kebijakan yang berbasis di Berlin, Jerman, mengungkap bahwa emisi gas rumah kaca berpeluang menurun hingga 70 persen pada tahun 2024.

Peluang itu bisa terwujud dengan syarat, teknologi bersih harus terus berlanjut dan tindakan untuk mengurangi emisi metana ditingkatkan. Jika syarat terpenuhi, maka kemungkinan besar emisi gas rumah kaca akan mulai menurun tahun depan, demikian menurut Climate Analytics.

Baca Juga

Prediksi Climate Analytics didasarkan pada tren pertumbuhan yang menjanjikan pada sektor energi terbarukan seperti panel surya dan angin, serta kendaraan listrik (EV). Selain itu, negara-negara yang menandatangani Global Methane Pledge juga membuat kemajuan yang cukup signifikan untuk mencapai target mereka dalam mengurangi emisi sebesar 30 persen pada tahun 2030.

Para peneliti Climate Analytics juga mengatakan bahwa proyeksi yang lebih sederhana untuk penyebaran teknologi terbarukan yang dikembangkan oleh Badan Energi Internasional (IEA) dan badan lainnya cenderung terlalu konservatif, jika dibandingkan dengan data pertumbuhan angin dan matahari yang riil hingga saat ini.