Selasa 05 Dec 2023 01:46 WIB

Pakar: El Nino Berdampak Pada Produksi Padi di Indonesia

Fenomena El Nino kerap membuat produksi padi di dalam negeri menurun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ilustrasi para petani memanen padi secara tradisional di sawah.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Ilustrasi para petani memanen padi secara tradisional di sawah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB, Dwi Andreas Santosa, mengatakan bahwa El Nino merupakan fenomena iklim yang paling berdampak pada produksi pangan terutama padi di Indonesia. Menurut dia, fenomena El Nino kerap membuat produksi padi di dalam negeri mengalami penurunan.

“Tapi dari pengamatan saya, dampak El Nino belum sampai menyebabkan krisis pangan. El Nino membuat produksi padi menjadi sulit, tapi penurunan produksi sampai saat ini masih dalam tahap aman,” kata Dwi saat dihubungi Republika.co.id, Senin (4/12/2023).

Baca Juga

Di tengah ancaman perubahan iklim, Dwi menilai pemerintah harus melakukan strategi yang tepat dan tidak gegabah. Salah satu strategi yang efektif menurut dia adalah dengan menerapkan kebijakan harga yang berpihak pada petani, sehingga mereka tetap semangat dalam memproduksi pangan atau menanam.

“Selama ini pemerintah selalu berpihak pada konsumen dan memikirkan bagaimana harga pangan murah, sehingga pemerintah malah impor beras. Sementara di kondisi sulit seperti saat ini, pemerintah seharusnya menjaga semangat petani untuk menanam, dengan cara ya menerapkan kebijakan harga yang berpihak,” jelas Dwi.